Tip Menghadapi DC Pinjol Saat Galbay, Jangan Blokir Nomor HP!

Tip Menghadapi DC Pinjol Saat Galbay, Jangan Blokir Nomor HP!

Alasan debt collector tidak datang ke rumah Anda-Internet-

HARIAN DISWAY - Tindakan intimidasi oleh debt collector atau DC yang melakukan penagihan terhadap orang yang gagal bayar (Galbay) pada pinjaman online (pinjol) sering kita dengar.

Nasabah yang mengalami Galbay akan menghadapi tekanan berkelanjutan dari DC, jika mereka belum mampu melunasi pinjaman dan bunga yang telah ditentukan.

Terlebih lagi, tindakan intimidasi ini seringkali juga ditujukan kepada individu yang sebenarnya tidak pernah melakukan pinjaman, namun memiliki hubungan dekat dengan nasabah pinjaman online.

Alhasil, DC pinjaman online tidak akan ragu-ragu untuk melakukan berbagai tindakan intimidasi kepada orang yang sebenarnya tidak terlibat dalam persoalan tersebut.

Bagi Anda yang sudah terjebak dalam pinjaman online dan mengalami Galbay, sebaiknya jangan memblokir nomor ponsel DC yang menghubungi.

Sebab, dengan memblokir nomor handphone DC yang menghubungi, ini bukanlah solusi untuk menyelesaikan masalah. Malahan bisa membuat situasi menjadi lebih rumit dari sebelumnya.

Untuk menghindari terus menerus diteror oleh DC Galbay Pinjol, ada beberapa cara sederhana yang terbukti efektif untuk menghadapi debt collector pinjaman online. Apa saja? Ikuti tips berikut ini yang kami sadur dari BETV (Disway National Network)

BACA JUGA: Ada Yang Aneh dengan HP Anda? Ini Ciri-Ciri Ponsel Anda Diretas Pinjol Ilegal

1. Wajib Tahu Hak Sebagai Nasabah

Bagi Anda yang pernah melakukan pinjaman online dan kemudian mengalami Galbay, Anda berhak mendapatkan perlindungan dari aturan yang berlaku.

Aturan tersebut tertuang dalam OJK nomor 18/POJK.01/2018 tentang perlindungan konsumen dan sektor jasa keuangan.

Dalam aturan tersebut, debt collector harus menjalankan tugasnya dengan sopan dan tidak merugikan nasabah.

Selain itu, debt collector juga harus memberikan informasi yang jelas dan benar kepada nasabah mengenai jumlah utang, bunga, biaya, dan waktu pelunasan.

BACA JUGA: Butuh Dana Cepat? Ini Rekomendasi Pinjol yang Cair Hanya dengan Waktu Lima Menit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: