Anjing Robot Makin Tren di Tiongkok

Anjing Robot Makin Tren di Tiongkok

ANJING ROBOT CyberDog2 dijual di Xiaomi Store, Xianyang, Provinsi Hubei.-China Daily-

XIANYANG, HARIAN DISWAY – Asyik bukan kalau punya anjing yang selalu mau menemani Anda? Merespons ketika diminta duduk atau berjabat tangan. Apalagi kalau anjing itu punya keterampilan khusus. Bisa berdiri satu kaki dalam waktu lama. Berdiri di atas sepotong tahu tanpa merusaknya. Hingga backflip. Itu akan sangat mengagumkan. Itu salah satu robot yang diciptakan oleh Xiaomi, perusahaan teknologi asal Tiongkok. Mereka menciptakan CyberDog 2. Robot anjing. Beratnya 8,9 kilogram. Seukuran Doberman. Desainnya futuristik. Warnanya hitam dan elegan. Ia bisa berlari dengan kecepatan 3,2 meter per detik. Mampu menganalisis sekitarnya secara real-time, membuat peta navigasi, menentukan tujuan, dan menghindari hambatan. "Ia diintegrasikan dengan pengenalan postur dan wajah manusia. Sehingga, CyberDog mampu mengikuti pemiliknya dan menghindari hambatan," kata Lei Jun, CEO Xiaomi.

 

BACA JUGA : Asian Games 2022 Jadi Pertunjukan Teknologi, Ada Robot Penangkap Nyamuk sampai Anjing Pemain Piano

 

CyberDog 2 dilengkapi dengan sistem sensor dan pengambilan keputusan secara berkesinambungan. Ia dilengkapi 19 sensor untuk penglihatan, sentuhan, dan pendengaran. "Ini pertama kalinya saya melihat anjing robot dalam kehidupan nyata. Sangat keren!" kata Zhang Lu, seorang mahasiswa di Wuhan, Provinsi Hubei. Apakah CyberDog 2 bisa mengirimkan paket? Bisa! Asal, barang yang dikirim tidak melebihi kemampuan robot. Ukurannya juga harus sesuai dengan area rata pada punggung anjing robot itu. Tidak lucu kalau ia harus mengirim barang besar sampai diikat dengan tali plastik seperti pikap pengangkut sayuran.

 

BACA JUGA : Tertarik? Robot-Robot Mirip Manusia di Tiongkok Kian Seksi

 

Lei mengatakan bahwa CyberDog 2 lebih cocok untuk para insinyur untuk insinyur dan penggemar robotika. Bukan untuk orang biasa yang hanya butuh hewan peliharaan. Kalau ingin membeli, harga untuk seekor—atau sebuah—CyberDog adalah 12.999 yuan. Sekitar Rp 28 juta. CyberDog 2 juga hadir sebagai peranti dengan aplikasi open source. Hingga bisa diprogram lebih lanjut oleh pemiliknya. Tertarik? Boleh. Dijamin, anjing itu hanya butuh asupan daya listrik. Tidak perlu makan. Dan yang jelas tidak buang air—besar atau kecil—sembarangan. (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: