Tertarik? Robot-Robot Mirip Manusia di Tiongkok Kian Seksi

Tertarik? Robot-Robot Mirip Manusia di Tiongkok Kian Seksi

TARIAN ROBOT HUMANOID yang imut ketika tampil di Beijing, 18 Agustus 2023.-China Daily-

BEIJING, HARIAN DISWAY – Perusahaan teknologi asal Tiongkok terus melaju dalam pengembangan robot. Kini, mereka menciptakan robot-robot berbentuk manusia. Ini akan jadi peluang pasar yang besar dalam beberapa tahun mendatang.

Kecanggihan itu tampak pada World Robot Conference di Beijing, 16-23 Agustus 2023. Para peserta memamerkan pertunjukan luar biasa dari robot-robot canggih. Terutama yang berbentuk mirip manusia. Mereka memukau. Menampilkan tarian yang apik, lompatan indah, serta gerak tangan yang sangat rapi.

Di antara lebih dari selusin karya robot berbentuk manusia, banyak mata tertuju pada Unitree H1. Itulah robot humanoid dengan tinggi 1,8 meter dan berat 47 kilogram. Robot itu dilengkapi dengan laser-radar. Juga mampu bergerak dengan kecepatan lebih dari 1,5 meter per detik.

Dalam video demonya, robot ramping itu bisa mengembalikan keseimbangan dalam dua langkah setelah terkena tendangan tiba-tiba. Ia juga bisa mengelak saat mendeteksi niat orang yang akan menendang.
 

Unitree H1 bahkan berhasil memukau para pemimpin industri teknologi. Termasuk Andrej Karpathy, salah seorang pendiri OpenAI, pengembang ChatGPT. Melalui media sosial, Karpathy berkicau, "Saya ingin punya satu. Atau dua. Beberapa."
 

MIRIP MANUSIA, robot canggih ini dipamerkan pada ajang World Robot Conference 2023 di Beijing, 16-23 Agustus 2023.-China Daily-

Lalu ada juga CyberOne, robot humanoid yang dapat mendeteksi emosi. Robot ini dikembangkan oleh Xiaomi. Tinggi robot ini adalah 170 sentimeter. Beratnya 52 kilogram. Ia bisa menyimulasikan gerakan manusia secara penuh.

"Robot humanoid dapat menggabungkan fungsi dari beberapa perangkat tunggal seperti lengan mekanik," kata Shao Yuanxin, manajer proyek Xiaomi. "Cyber-One diharapkan akan digunakan dalam manufaktur pintar Xiaomi."

 

Robot lain juga cantik. Misalnya kelompok robot penari yang bisa menampilkan tarian Catur-Tangan Bodhisattva yang kompleks. Juga Dataa Robotics yang punya robot Cloud Ginger. Robot ini bisa bermain basket. Dan seperti manusia, beberapa tembakan mereka meleset. (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: