IISMA di Republik Lituania Kenalkan Budaya Batik Indonesia

IISMA di Republik Lituania Kenalkan Budaya Batik Indonesia

Anggota Indonesia International Mobility Award (IISMA) menjelaskan kain batik yang dipamerkan.-Ali Assegaf untuk Harian Disway-

HARIAN DISWAY- Batik sudah menjadi karya budaya Indonesia. Malah kini semakin banyak motif batik yang bertemakan kearifan local. Jumla motif batik di Indonesia diperkirakan mencapai ribuan dengan kekhasan setiap daerah. 

Potensi keragaman inilah yang baru saja dipamerkan oleh Indonesia International Mobility Award (IISMA) di Lituania. Akhir bulan lalu, pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di negara di Eropa Utara ini mengusung budaya Indonesia dan dipamerkan di sana. 

Ali Assegaf, salah satu panitia mengatakan, pihaknya selain membawa sejumlah kain batik dari beberapa daerah Indonesia dan juga beberapa baju adat. Baju adat ini juga dipamerkan kepada warga negara tersebut. “Kami yang tergabung dalam Indonesia International Mobility Award (IISMA) dengan bangga memperkenalkan budaya Indonesia melalui tema Batik Around the World. Ternyata pengunjung sangat antusias melihat pameran kami,” terang Ali Assegaf melalui sambungan telepon, Kamis, 5 Oktober 2023.

BACA JUGA:Review Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso: Tak Ada yang Baru di Film Dokumenter Netflix Itu..

BACA JUGA:HUT ke-78, Presiden Jokowi Pesan Agar Kepercayaan Masyarakat Pada TNI Selalu Dijaga

Dikatakan Ali, acara ini dijadikan wadah untuk menghadirkan kemegahan seni tradisional Indonesia kepada dunia internasional. Ruang pamer didekorasi dengan warna-warni kain batik. Para tamu dapat menjelajahi beragam motif batik dari berbagai daerah di Indonesia. Dipamerkan kain batik bermotif klasik hingga yang modern. 


Pakaian adat dari sejumlah daerah di Indonesia dipamerkan oleh Indonesia International Mobility Award (IISMA) di Lituania. -Ali Assegaf untuk Harian Disway-

Kesempatan mengusung budaya Indonesia ini juga dilengkapi dengan jajanan khas dan disajikan kepada para undangan. Risol, jasuke (jagung, susu, keju), dan jajanan khas lainnya. Banyak pengunjung yang memuji keanekaragaman motif batik yang sangat mempesona.

Salah satunya adalah Emre, warga negara Turkiye . Emre selain terpesona dengan kain batik Indonesia juga terkesan dengan rasa jajanan yang disuguhkan.  “Acara ini sangat menyengkan. Terutama makanan Indonesia. Sangat lezat,” katanya.

Hal sama dirasakan oleh Lucas, warga Republik Lituania. “Acara ini benar-benar memberikan pandangan yang mendalam tentang batik. Saya merasa telah mendapatkan banyak informasi dan wawasan yang sangat berharga,” katanya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: