Dukung Bisnis Brand Lokal dan UMKM, Shopee Jadi E-commerce Terfavorit dan Paling Banyak Dipakai Berjualan

Dukung Bisnis Brand Lokal dan UMKM, Shopee Jadi E-commerce Terfavorit dan Paling Banyak Dipakai Berjualan

Adopsi e-commerce oleh para pelaku usaha untuk peningkatan minat masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan secara online-istimewa-

HARIAN DISWAY - Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi telah membuktikan dampak positifnya dalam memberikan peluang bagi produk-produk lokal untuk menunjukkan kualitasnya.

Salah satu contohnya dapat dilihat dari pertumbuhan yang signifikan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Hal ini tidak hanya berdampak positif pada skala bisnis UMKM itu sendiri. Tetapi juga memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian nasional.

Di era digital saat ini, brand lokal dan UMKM kerap mendapatkan dukungan dan kesempatan untuk bertahan dan memperkuat potensinya.

Terutama melalui platform e-commerce yang telah menjadi salah satu pondasi utama bagi pelaku usaha lokal untuk memperluas jangkauan pasar.

BACA JUGA: Yang Terbaru Nih! Ada Metode COD Bisa Cek Dulu Baru Bayar di Shopee

Sejumlah inovasi berkesinambungan yang senantiasa dihadirkan oleh platform e-commerce telah membantu brand lokal dan UMKM mengembangkan bisnis mereka dengan efisien.

Selain menjadi perpanjangan tangan dalam mencapai pelanggan baru, para pemain e-commerce terus berlomba-lomba mengembangkan program dan inisiatifnya dalam mendukung brand lokal dan UMKM untuk meraih keuntungan dan mencapai potensi yang maksimal.

Dengan dukungan yang tepat, akan melahirkan kesempatan baru untuk masyarakat luas melalui terciptanya lapangan kerja hingga mendorong pertumbuhan ekonomi negara.

Menilik dari hasil riset yang dirilis oleh Ipsos pada bulan Maret lalu dengan judul "Understanding The Potentiality In E-commerce Seller”, melibatkan responden yang sebagian besar adalah pelaku usaha brand lokal dan UMKM yang berjualan online.

BACA JUGA: Dukung Bisnis Pelaku Usaha Lokal Lewat Live Streaming, Shopee Terfavorit dan Terbanyak Digunakan

Riset ini mengungkapkan beberapa faktor-faktor krusial yang dapat mempengaruhi keberhasilan bisnis para pelaku usaha brand lokal dan UMKM di ranah e-commerce.

Riset Ipsos menunjukkan Shopee (65%) diasosiasikan sebagai marketplace yang paling memberikan omzet terbesar bagi bisnis kebanyakan pelaku usaha brand lokal dan UMKM.

Berada jauh di atas Tokopedia (16%) dan Lazada (6%). Lebih dari itu, berdasarkan pilihan responden, Shopee (59%) juga menjadi marketplace di urutan pertama yang paling memberikan keuntungan terbanyak bagi bisnis para pelaku usaha brand lokal dan UMKM, diikuti oleh Tokopedia (20%) di urutan kedua, lalu Lazada (7%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: