Monorail Gantung Pertama Hadir di Wuhan

Monorail Gantung Pertama Hadir di Wuhan

JEJAK CAHAYA yang ditimbulkan monorail di Wuhan ketika dipotret dalam kecepatan rendah.-China Daily-

WUHAN, HARIAN DISWAY – Pemandangan di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok, seperti di film-film fiksi ilmiah. Sejak Selasa, 3 Oktober 2023, ada monorail baru di kota itu. Keretanya tidak berjalan pada rel, tetapi nyangkut di bawah rel.

 

Fase pertama monorail gantung itu membentang sepanjang 10,5 kilometer. Menelusuri enam stasiun di Optical Valley, Wuhan, sebuah kawasan pengembangan sains dan teknologi di kota tersebut.

 

Tiap rangkaian terdiri atas dua gerbong. Bisa mengangkut maksimal 220 orang. Dan melaju dengan kecepatan maksimal 60 kilometer per jam. Tetapi, saat sibuk, jumlah gerbong bisa ditambah.

 

BACA JUGA : Anjing Robot Makin Tren di Tiongkok

BACA JUGA:Mobil Cerdas Terus Diminati, Kuasai 42 Persen Pasar Penjualan Mobil di Tiongkok

 

Berdasar skema perjalanan, kereta itu berangkat tiap 10 menit. Dan waktu beroperasinya 12 jam, pukul 08.00-20.00.

 

Yang menarik, kereta itu melaju sendiri tanpa pengemudi. Hanya ada petugas di kabin yang bisa mengambil alih kemudi kalau keadaan darurat.

 

 

Yang lebih menarik lagi, lantai gerbongnya transparan. Sehingga, penumpang bisa melihat pemandangan kota yang ada di bawahnya.

 

Tiketnya juga cukup murah. Yakni 120 yuan atau sekitar Rp 260 ribu per bulan. Selama batas waktu itu, penumpang boleh naik kereta tanpa batas. Mau sehari sampai belasan kali pun boleh.

 

Tertarik…? (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: