SYL Resmi Mengundurkan Diri, Jokowi Segera Reshuffle Kabinet Lagi

SYL Resmi Mengundurkan Diri, Jokowi Segera Reshuffle Kabinet Lagi

Presiden Joko Widodo saat ditanya awak media soal rencana reshuffle kabinet menteri Indonesia Maju di Istana Negara, Jumat, 6 Oktober 2023-Sekretariat Presiden -

JAKARTA, HARIAN DISWAY- Syahrul Yasin Limpo (SYL) resmi mengundurkan diri jabatan dari Menteri Pertanian (Mentan) pada Kabinet Indonesia Maju

Pengunduran diri tersebut diumumkan SYL, panggilan Syahrul selepas menghadap Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) pada Kamis, 5 Oktober 2023. Menyusul pengunduran diri ini, Presiden Joko Widodo akan secepatnya melakukan reshuffle pada jajaran pembantunya.

Kedatangan SYL ke Setneg dalam rangka meminta waktu untuk bertemu dengan Jokowi sekaligus menyerahkan surat pengunduran diri. Presiden Jokowi akhirnya menerima SYL di Istana pada Jumat, 6 Oktober 2023. 

BACA JUGA:Mentan SYL Menghadap Jokowi ke Istana Hari Ini, Mengundurkan Diri?

BACA JUGA:Mahfud MD: Sudah Tersangka KPK, Tidak Mudah Mentan SYL Kabur

Namun, Jokowi belum menunjuk sosok pengganti SYL. Ia memastikan pelantikan mentan defintif terbaru segera berlangsung. "Ya secepatnya, secepatnya," jawab Jokowi menjawab pertanyaan wartawan.

Untuk sementara Jokowi memberi mandat Kepala Badan Pangan Nasional Arif Prasetyo menjadi Plt Menteri Pertanian.

Apakah menteri pertanian definitif nanti akan mengambil politikus Partai NasDem lagi? Jokowi pun tak menjawab lugas. Begitu pula soal jadwal reshuffle. "Secepatnya kita siapkan."

Sebelumnya, pada kesempatan yang sama, Jokowi  telah menindaklanjuti dan meneken surat permohonan diri SYL sebagai menteri pertanian. Surat permohonan pengunduran diri politikus NasDem itu diterima pada Kamis malam, 5 Oktober 2023.

"Ya tadi malam, saya sudah. Diberikan kepada saya dari Mensesneg tentang surat pengunduran diri Pak Menteri Pertanian," ujar Jokowi. Baru ditindaklanjuti pagi tadi. Tentu juga ditandatangani.(Mohamad Nur Khotib)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: