Mahfud MD: Sudah Tersangka KPK, Tidak Mudah Mentan SYL Kabur

Mahfud MD: Sudah Tersangka KPK, Tidak Mudah Mentan SYL Kabur

Ilustrasi Mahfud MD soal mentan Syahrul Yasin Limpo yang sudah jadi tersangka KPK. -Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) ternyata sudah tersangka korupsi. Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan sudah mendapat informasi bahwa Syahrul tersangka. Namun, Syahrul belum bisa disebut kabur alias melarikan diri.

”SEBAB, belum ada penetapan status DPO (daftar pencarian orang) terhadap yang bersangkutan,” jelas Mahfud kepada wartawan Rabu, 4 Oktober 2023.

Dilanjut: ”Bahwa beliau sudah tersangka, ya saya sudah dapat informasinya. Malah sudah lama, sejak ekspos perkara. Itu sudah lama tahu tersangkanya. Resminya tersangkanya itu sudah dikeluarkan lah.”

Mahfud tidak menjelaskan, bagaimana dirinya bisa tahu bahwa Syahrul sudah tersangka. Namun, selaku menteri koordinator polhukam, Mahfud selalu mendapat laporan dari aparat penegak hukum tentang semua perkara hukum yang terjadi.

BACA JUGA:Mentan SYL Menghadap Jokowi ke Istana Hari Ini, Mengundurkan Diri?

Mahfud tidak yakin Syahrul kabur. Pasalnya, sebagai menteri (meski tugas sehari-hari mentan sudah digantikan wakilnya, Harvick Hasnul Qolbi), sangat sulit seumpama Syahrul kabur. 

Mahfud: ”Kan, orang sekelas menteri tidak mudah juga menghilang begitu, ya. Kalau menghilang dalam arti menghindari aparat, atau lari begitu, saya kira tidak mudah.”

Kalau Mahfud menyatakan Syahrul sudah tersangka, sebaliknya dengan KPK. KPK belum mengumumkan itu. Mahfud suka bicara blak-blakan.

BACA JUGA:Diisukan Tinggal Diumumkan Tersangka KPK, Mentan Dikabarkan Hilang

Saat dikonfirmasi wartawan tentang pernyataan Mahfud MD soal Syahrul sudah tersangka korupsi, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata kelihatan menghindar.

Alexander: ”Memang, sudah dilakukan penggeledahan dan penyitaan (di ruang kerja dan rumah dinas menteri pertanian). Itu merupakan upaya paksa yang hanya bisa dilakukan pada tahap penyidikan. Perkara ini sudah tahap penyidikan.”

Presiden Jokowi pun ditanya wartawan soal hilangnya Syahrul. Jokowi ditanya wartawan saat membuka Inacraft on October 2023 di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu, 4 Oktober. 

BACA JUGA:Mentan SYL Hilang Kontak di Eropa, Jokowi: Ada yang Punya Nomor Teleponnya Enggak? Coba Dikontak!

Jawab Jokowi: ”Coba dikontak aja. Ada yang punya nomor teleponnya nggak? Coba dikontak. Kalau tidak, ya…. ditunggu. Memang belum sampai ke tanah air.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: