Indonesia Belum Capai Target! Jelang Dua Hari Penutupan Asian Games 2022

Indonesia Belum Capai Target! Jelang Dua Hari Penutupan Asian Games 2022

Tim recurve putra Indonesia meraih perunggu Asian Games 2022 setelah menumbangkan Bangladesh-M. Rifqy Priadiansyah/Komite Olimpiade Indonesia-

Harian DiswayAsian Games 2022 Hangzhou akan berakhir pada Minggu, 8 Oktober 2023. Tetapi Indonesia belum mencapai target masuk 12 besar.

Menjelang dua hari penutupan itu, Indonesia masih menempati posisi ke-13 klasemen. Pada Jumat, 6 Oktober 2023 ini, Indonesia menambah satu emas, satu perak, dan satu perunggu.

Emas ketujuh Indonesia berasal dari tim perahu naga putra 1000 meter. Mereka menang dramatis atas Tiongkok di Wenzhou Dragon Boat Centre.

Indonesia mencatat waktu 4 menit 31,135 detik. Hanya selisih 0,047 detik dari Tiongkok. Posisi ketiga ditempati oleh Myanmar yang memiliki selisih waktu 1,824 detik.

Sedangkan tim perahu naga putri meraih perak. Mereka terpaut 3,937 detik dari Tiongkok yang mencatat waktu 4 menit 51,448 detik. Korea Selatan berhak atas perunggu dengan selisih +4,220 detik.

Dari cabor panahan, Indonesia mengamankan perunggu setelah tim recurve putra mengalahkan Bangladesh 6-0 di Fuyang Yinhu Sports Centre. Tim recurve putra tersebut beranggotakan Riau Ega Agatha Salsabila, Ahmad Khoirul Baasith, dan Arif Dwi Pangestu.

Saat ini Tim Merah Putih mengoleksi tujuh emas, 11 perak, dan 18 perunggu. Hasil ini belum mencapai target delapan emas Asian Games 2022. Target tersebut belum tercapai karena cabor-cabor unggulan Indonesia gagal memenuhi harapan.

Bulu tangkis yang menargetkan tiga emas justru tidak meraih medali sekeping pun. Angkat besi hanya membawa satu emas melalui Rahmat Erwin Abdullah. Dua lifter olimpian lainnya yaitu Eko Yuli Irawan dan Windy Cantika Aisah gagal dalam angkatan clean and jerk.

Hal yang sama juga terjadi di cabor panjang tebing. Indonesia menargetkan meraih empat emas melalui nomor speed.

Namun, hanya berhasil membawa pulang satu emas, dua perak, dan dua perunggu. Satu-satunya emas panjang tebing itu disumbangkan oleh Desak Made Rita Kusuma Dewi.

Harapan terakhir Indonesia menambah medali berasal cabor karate, jujitsu, soft tennis, angkat besi, dan gulat.

Mereka akan bertanding pada Sabtu, 7 Oktober 2023. Jika salah satu dari cabor itu tidak meraih emas, kemungkinan besar target masuk 12 besar Asian Games 2022 gagal tercapai.

Indonesia kini tepat berada di bawah Hongkong. Hongkong lebih unggul dengan raihan delapan emas, 16 perak, dan 29 perunggu.

Malaysia yang berada di peringkat ke-14 juga mengancam. Malaysia mengoleksi lima emas, 7 perak, dan 17 perunggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: