Menanti Pembuktian Racikan Josep Gombau di Persebaya

Menanti Pembuktian Racikan Josep Gombau di Persebaya

Josep Gombau sampaikan pernyataan maafnya untuk Bonek setelah kalah dalam duel klasik saat melawan Persib Sabtu, 7 Oktober 2023 -Muchammad Ma'ruf Zaky-Harian Disway-

HARIAN DISWAY - Pelatih asal Spayol Josep Gombau jadi pelatih pengganti di Persebaya. Meneruskan Aji Santoso yang diberhentikan manajemen.

Dari empat pertandingan yang sudah dilakoni gombau, ia mencatat satu kemenangan dan seri serta dua kali kalah.

Gombau datang dengan latar belakang taktik La Masia milik Barcelona FC. Perubahan taktik itu langsung terlihat di empat pertandingan terakhir Persebaya. Cuma, hasilnya memang belum terlihat signifikan.

Gombu yang pernah mengasah bakatnya di akademi La Masia, memahami filosofi dasar Barcelona FC yang diperjuangkan oleh legenda sepak bola Johan Cruyff.

Filosofi tiki-taka. Pemain harus bergerak lincah seiring dengan bola. Penguasaan bola adalah kuncinya, dan ini tercermin dalam pendekatan taktiknya di Persebaya.

BACA JUGA:Penari Samba Persebaya itu Bernama Bruno Moreira

BACA JUGA:Pengganti Sho Yamamoto di Persebaya, Tribun Timur Sarankan Aryn Williams dan Mahmoud Eid Pulang

Dia juga mendapat pengaruh besar dari kerjasamanya dengan Ange Postecoglou, pelatih yang kini menukangi Tottenham Hotspurs.

Postecoglou mengajarkan kepadanya pentingnya sederhana dalam filosofi, di mana kontrol pertahanan selama fase menyerang juga harus menjadi perhatian utama.

Kembali ke akar filosofi Cruyff, penguasaan bola adalah segalanya.

Di Persebaya, Gombau telah menyempurnakan taktik pelatih sebelumnya, Uston Nawawi, dengan mengandalkan penguasaan bola yang kuat.

Dalam formasi dasar 4-2-3-1, Gombau memanfaatkan full-back secara bergantian untuk mendukung serangan dan menambah jumlah pemain di sayap atau berdiri sejajar dengan gelandang bertahan untuk mengantisipasi serangan balik lawan.

BACA JUGA:Suara dari Tribun Timur: Persebaya Hanya Mengandalkan Bruno Moreira

BACA JUGA:Persebaya Libur Latihan, Paulo Victor ke Taman Safari Bersama Keluarga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: