Wapres Ma’ruf Amin Perintahkan Pembentukan DBOD Papua, Julukan ‘Provinsi Olahraga’ Siap Disematkan

Wapres Ma’ruf Amin Perintahkan Pembentukan DBOD Papua, Julukan ‘Provinsi Olahraga’ Siap Disematkan

Wapres Ma’ruf Amin bersama dengan Para Tokoh Olahraga Papua di Stadion Utama Papua Bangkit, Nolokla, Kec. Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Rabu (11/10/2023)-Dok. Sekretariat Presiden-

HARIAN DISWAY - Provinsi Papua akan dibangun menjadi "Provinsi Olahraga" tempat lahirnya atlet-atlet Olahraga yang tangguh bagi Indonesia. 

Untuk itu, Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin memerintahkan pembentukan jajaran komite daerah untuk mendukung sinkronisasi pemerintah pusat dan daerah melalui pembentukan Desain Besar Olahraga Daerah (DBOD). 

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf dalam kunjungan kerjanya ke Stadion Utama Papua Bangkit, Nolokla, Kecamatan Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Rabu, 11 Oktober 2023.

BACA JUGA:Terima Kasih Para Atlet! Indonesia Akhiri Perjuangan di Asian Games 2023, Bawa Pulang 36 Medali

“Saya kira komite daerahnya itu sudah harus dibentuk dan dibuat DBOD yang mengacu pada DBO Nasional (DBON,Red), sehingga antara pusat dan daerah itu sinkron. Ini saya kira yang perlu,” ungkapnya.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021, Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) merupakan rencana induk yang berkelanjutan dalam lingkup olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi, dan industri olahraga pada periode 2021-2045, dalam rangka mendorong percepatan pembangunan di Papua. 

Lebih lanjut, Wapres menjelaskan jika pembangunan Desain Besar Olahraga di tingkat Daerah diperlukan untuk menyokong  peningkatan prestasi DBON. “Kita sudah ada DBON dan untuk membangun prestasi, kita harapkan juga di daerah,” tambah Wapres.

Perintah tersebut kata Ma'ruf nantinya akan dikoordinasikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. "Dan kebetulan saya memang ditugaskan untuk mengoordinasikan,” jelas Wapres.

BACA JUGA:Dua Taman di Papua Barat Diberi Nama Jokowi-Iriana dan Jusuf Kalla

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut berkeinginan agar di Papua segera dibangun pusat pengembangan dan inovasi bidang keilmuan olahraga yang dapat menyokong kemajuan industri olahraga di Tanah Papua.

“Saya harap Papua akan bisa lebih cepat untuk dapat dibangun sport science untuk ikut memajukan olahraga di Papua,” harap Wapres.

Pada kesempatan tersebut, Wapres juga mendengarkan aspirasi dari Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Cenderawasih Try Setyo Guntoro yang menyampaikan harapannya agar Provinsi Papua dapat dikukuhkan menjadi provinsi olahraga untuk semakin meningkatkan pengembangan dan keunggulan di bidang olahraga.

“Mohon kalau bisa dasar hukum Provinsi Papua sebagai provinsi olahraga dapat sesegera mungkin diwujudkan. Kenapa ini kami sampaikan? Karena ini akan menjadi modal lanjutan yang sangat berharga pasca PON XX bagi Papua untuk membangun dan mengembangkan diri menjadi lebih unggul dan tangguh di bidang olahraga,” jelasnya.

“Fasilitas olahraga yang ada di Papua ini perlu dimanfaatkan dan digunakan optimal agar mendukung status sebagai provinsi olahraga. Dengan adanya dasar hukum yang formal, maka status sebagai provinsi olahraga akan semakin jelas arahnya,” imbuh Try Setyo.(Salsa Amalika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: