Demi Wujudkan Indonesia Emas 2045, Mahfud Ajak Generasi Muda Perangi Korupsi

Demi Wujudkan Indonesia Emas 2045, Mahfud Ajak Generasi Muda Perangi Korupsi

Para peserta kuliah umum Pejuang dan Tantangan Demokrasi Yang Bermartabat Menuju Indonesia Emas 2045 yang dihadiri oleh Menko Polhukam Mahfud MD-Salma Dhiya Ulhaq/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Menko Polhukam Mahfud MD memberikan kuliah umum di Aula Garuda Murti Kampus C Universitas Airlangga pada Senin, 16 Oktober 2023.  

“Dengan generasi penerus seperti para mahasiswa di sini, pasti Indonesia akan berjaya di tahun 2045.” kata Mahfud dalam orasinya. 

Kuliah umum tersebut bertajuk “Peluang dan Tantangan Demokrasi yang Bermartabat” dengan sub tema Menuju Indonesia Emas 2045: Perspektif Politik, Hukum, dan Keamanan.

Mahfud menyatakan, Indonesia Emas 2045 adalah cita-cita yang amat tinggi. Untuk mencapainya pun tidak mudah. Ada banyak kendala yang masih perlu dibasmi demi mencapai semua ambisi tersebut. 

BACA JUGA:Mahfud MD Beri Kuliah Umum di Unair, Ada Cak Lontong: Menko, Mengko, Bisa Wapres…

Salah satunya ialah dengan memerangi korupsi yang ada di Indonesia. “Nah, persoalan kita sekarang, musuh-musuh kita saat ini kan koruptor. Bukan lagi Belanda yang hanya dibasmi dengan bambu runcing yang dibawa kemana-mana dan akhirnya menang juga,” kata Mahfud.

Koruptor dan mental korupsi ini kata Mahfud berada di tengah-tengah semua orang. Bentuknya bisa teman-teman kita sendiri, dan orang-orang di sekitar. “Tapi apa iya, kita lebih mengedepankan teman daripada keselamatan bangsa?” Ujar pria berdarah Sampang, Madura tersebut. 

Selain memberantas koruptor, menurut Mahfud MD sendiri, tugas yang belum mampu dicapai secara maksimal oleh Pemerintah adalah pemberian kepastian hukum. 

BACA JUGA:Disentil Jadi Cawapres Pendamping Ganjar, Mahfud MD: Belum Ada Deal

“Karena yang diperlukan agar Indonesia tetap maju adalah adanya kepastian hukum untuk kalangan atas, dan adanya perlindungan hukum untuk masyarakat ke bawah,” jelasnya. 

Namun Mahfud juga mewanti-wanti agar publik tidak berpikir bahwa seluruh aparat penegak hukum dan pemerintah kurang mengayomi seluruh warga Indonesia. 

Mahfud MD juga berpesan bahwa yang membuat para aparat dan pemerintah memiliki reputasi jelek hanyalah oknum semata. 

Besar harapan Mahfud MD pada kesempatan kali ini, bahwa generasi penerus bangsa yang akan membawa Indonesia menuju puncak Indonesia Emas 2045 adalah kaum-kaum muda. 

“Sehingga kelalaian yang dibentuk oleh pemerintahan saat ini jangan diteruskan dan harus bisa bersama-sama membasmi kejahatan,” katanya.(Ananda Mukminah/Salma Dhiya Ulhaq)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: