Langkah Tanggap KAI Merespons Dampak KA Argo Semeru Anjlok di Kulon Progo

Langkah Tanggap KAI Merespons Dampak KA Argo Semeru Anjlok di Kulon Progo

Kereta Api Argo Semeru Anjlok di Kulon Progo.--CNBC

HARIAN DISWAY - Insiden anjloknya KA Argo Semeru disusul KA Argo Wilis yang menabrak rangkaian KA Argo Semeru menyebabkan terhambatnya perjalanan dan banyak pihak lain yang terdampak dari insiden ini.

Insiden ini terjadi pada Selasa, 17 Oktober 2023 yang berlangsung di petak lintas antara Stasiun Sentolo-Wates, Kulon Progo.

Dilansir dari akun Instagram resmi Divisi Humas Mabes Polri, @divisihumaspolri pada Rabu, 18 oktober 2023, insiden ini bermula ketika anjloknya KA Argo Semeru yang diketahui dipicu oleh masalah pada bantalan rel kereta api yang mengalami erosi.

Dari kerusakan tersebut maka pada saat KA Argo Semeru melintasinya, kerikil pada bantalan rel menyebabkan gerbong menjadi miring dan kereta pun anjlok, lalu KA Argo Wilis dari arah yang berlawanan menabrak rangkaian KA Argo Semeru.

BACA JUGA: Kemenhub Turunkan Petugas Evakuasi KA Argo Semeru dan Argo Wilis yang Anjlok di Kulonprogo, Penumpang Diangkut dengan Kereta Pengganti ke Gambir

Insiden ini berdampak pada beberapa pihak terkait dan menghambat perjalanan beberapa kereta api lain yang berakhir mengalami keterlambatan kedatangan. Selain itu penumpang yang terdampak kecelakaan kereta api ini mendapatkan kompensasi dari KAI.

Kompensasi ini berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 63 Tahun 2019, tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api, menyatakan kompensasi keterlambatan KA antarkota diantaranya,

Keterlambatan keberangkatan kereta api lebih dari 1 jam, penumpang dapat membatalkan tiket dan mendapatkan pengembalian seluruh biaya tiket. Jika tidak membatalkan tiket, maka:

Derikan minuman ringan untuk keterlambatan lebih dari 1 jam.i Dberikan minuman dan makanan ringan berat untuk keterlambatan lebih dari 3 jam.

Apabila kereta api antarkota terlambat datang di stasiun tujuan, maka penumpang mendapatkan: Makanan dan minuman ringan pada jam ketiga keterlambatan. Makanan dan minuman berat pada jam kelima keterlambatan.

Penumpang dapat memilih melanjutkan perjalanan atau beralih ke transportasi lain dan mendapat penggantian uang tiket.

Bila terdapat hambatan dalam perjalanan, sehingga kereta tidak dapat melanjutkan ke stasiun tujuan, maka penyelenggara wajib: menyediakan kereta atau transportasi lain sampai stasiun tujuan.  Memberi ganti kerugian seharga tiket. 


Unggahan Instagram Story KAI merepost Instagram Story penumpang yang mendapatkan kompensasi.--Instagram KAI @kai121_

Dalam unggahan Instagram Story akun KAI @kai121_, terlihat merepost Instagram Story para penumpang kereta yang terkena dampak dari insiden ini, mereka di antaranya mengucapkan terima kasih kepada KAI atas kompensasi yang diberikan dan memuji KAI yang professional dan cepat menanggapi permasalahan ini.

BACA JUGA: Satlantas Sediakan SPKLU Gratis di Mapolrestabes Surabaya

Kondisi saat ini pada Rabu, 18 Oktober 2023, dilansir dari akun Instagram resmi KAI, @kai121_, jalur hulu antara Stasiun Sentolo – Stasiun Wates telah steril dan kereta api sudah diizinkan melewati lintasan tersebut dengan kecepatan 40 km per jam. (Alfi Nurul Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: instagram kai @kai121