Wawali Pasuruan Mengisahkan Patriotisme Ulama dan Santri

Wawali Pasuruan Mengisahkan Patriotisme Ulama dan Santri

Ribuan santri dan berbagai elemen masyarakat mengikuti upacara HSN di Pondok Pesantren Bayt al-Hikmah Kota Pasuruan -Lailiyah Rahmawati-

PASURUAN, HARIAN DISWAY -  Sekitar 1.300 santri dan berbagai elemen masyarakat mengikuti upacara Hari Santri Nasional (HSN) di Kota PASURUAN. Bertempat di lapangan Pondok Pesantren Bayt al-Hikmah, upacara tersebut berjalan khidmat.

Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, sebagai inspektur apel, menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan Hari Santri.


WAWALI Pasuruan Adi Wibowo mengatakan bahwa peran ulama dan santri sangat besar bagi kemerdekaan Indonesia. -Lailiyah Rahmawati-

Menurut Mas Adi, sapaan akrab Adi Wibowo, sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia sangat lekat dengan perjuangan ulama dan santri di Indonesia. Berkat seruan jihad fi sabilillah yang dikumandangkan Hadratus Syekh Hasyim Asy'ari, semangat seluruh ulama dan santri bergelora untuk melawan Belanda.

BACA JUGA:Ratusan Santri dan Pelajar di Kota Pasuruan Mendapatkan Kacamata Gratis dari Lazisnu

BACA JUGA:Pemkot Pasuruan Menyosialisasikan Peraturan Parkir Tepi Jalan dan PKL

Patriotisme ulama dan santri kala merebut kemerdekaan bangsa Indonesia itu harus selalu diingat.

"Sejarah bangsa ini sudah membuktikan bahwa berkat seruan jihad fi sabilillah dari KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945, bangsa ini memiliki kekuatan mengusir dan mengalahkan Belanda," ujar Mas Adi dalam sambutannya Minggu 22 Oktober 2023.


DOA dari Kota Pasuruan untuk keselamatan bangsa Indonesia. -Lailiyah Rahmawati-

Mas Adi mengatakan, tonggak sejarah perjuangan ulama dan santri bagi bangsa Indonesia perlu dilanjutkan generasi santri berikutnya. Nilai-nilai luhur Pancasila dan NKRI harus tetap dijaga meski di tengah arus kecanggihan teknologi. Kalangan santri, harap Mas Adi, bisa tetap relevan dengan zaman dan menjadi contoh.

BACA JUGA:Hari Santri Nasional: Persiapan 1 Miliar Salawat Nariyah di Kota Pasuruan

BACA JUGA:Pesan Wawali Pasuruan di Simulasi Pengamanan Pemilu 2024

"Di tengah modernisasi saat ini, saya berharap agar kalangan santri menjadi contoh bahwa santri juga bisa menyesuaikan dengan zaman," ujarnya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada pengasuh Ponpes Bayt Al-Hikmah karena telah berkenan secara kontinu menjadi lokasi upacara setiap peringatan HSN di Kota Pasuruan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: