5 Program AI Paling Laris di Indonesia 2023 yang Dapat Membantu Pekerjaan Manusia

5 Program AI Paling Laris di Indonesia 2023 yang Dapat Membantu Pekerjaan Manusia

Teknologi AI memberikan banyak manfaat dalam membantu pekerjaan manusia. Berikut adalah 5 program AI paling laris di Indonesia 2023 yang dapat membantu pekerjaan manusia. -Verihubs-

HARIAN DISWAY - Perkembangan teknologi AI atau Artificial Intelligence yang semakin pesat membuat program berbasis AI banyak bermunculan.

Tak dapat dipungkiri bahwa kehadiran program berbasis AI ini memberikan banyak manfaat dalam membantu pekerjaan manusia menjadi mudah dan cepat.

Berdasarkan survei Populix pada April 2023, sekitar 45 persen pekerja dan pengusaha di Indonesia telah menggunakan program AI dalam pekerjaannya.

Berikut adalah 5 program perangkat lunak AI yang paling laris dipakai pekerja dan pengusaha Indonesia menurut versi survei Populix tahun 2023.

1.   ChatGPT


ChatGPT adalah salah satu program AI paling laris di Indonesia 2023 yang dapat membantu pekerjaan manusia. -ChatGPT-

ChatGPT (Generative Pre-training Transformer) merupakan program berbasis AI yang dapat memberikan informasi atas pertanyaan yang ingin ditanyakan.

Program berbasis AI yang rilis pada 30 November 2022 ini adalah produk dari perusahaan AI bernama Open AI. Perusahaan tersebut didirikan oleh Elon Musk beserta tokoh terkenal lainnya dalam Silicon Valley seperti Reid Hoffman dan Sam Altman pada 2015.

BACA JUGA:Khawatir AI Menguasai Pekerjaan? Simak 5 Tip Menghadapi Perkembangan AI dengan Bijak

Salah satu kelebihan ChatGPT adalah kemampuannya dalam melakukan berbagai macam tugas dalam waktu singkat. Kelebihannya itu dapat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya sehari-hari.

Umumnya, tugas-tugas yang dapat diselesaikan ChatGPT adalah seputar pekerjaan sehari-hari. Misalnya, kemampuannya dalam membuat artikel atau makalah, menjawab perhitungan matematika yang rumit, hingga seputar kode-kode coding.

Meskipun demikian, ChatGPT tetap memiliki kelemahan berupa keakuratan dan kelengkapan data. Hingga saat ini, pengetahuan informasi ChatGPT hanya terbatas pada September 2021. Program AI ini tidak memiliki data atau informasi yang lebih baru dari tanggal itu.

Cara kerja ChatGPT sederhana, yaitu seseorang dapat memberikan perintah atau prompts kepada ChatGPT dengan menuliskan pertanyaannya dalam kolom teks ChatGPT. Setelah itu, jawaban terkait pertanyaan yang diajukan akan dijawab dengan detail dan rinci.

ChatGPT dapat diakses untuk semua pengguna tanpa perlu membayar atau berlangganan terlebih dahulu.

2.   Copy.ai


Copy.ai adalah salah satu program AI paling laris di Indonesia 2023 yang dapat membantu pekerjaan manusia. -Copy.ai-

Selanjutnya adalah Copy.ai, yaitu program berbasis AI yang dapat membantu seseorang dalam penulisan suatu konten. Copy.ai adalah alat bantu yang bermanfaat bagi penulis yang ingin menulis suatu konten.

Program berbasis AI ini diciptakan oleh Paul Yacobellis pada 2018. Dia melihat peluang bahwa perlu adanya suatu program yang dapat menghasilkan konten berkualitas dengan menggunakan teknologi AI.

Kelebihan Copy.ai adalah kemampuannya dalam membuat berbagai macam konten tulisan. Program berbasis AI ini dapat memberikan saran ide konten yang dapat diunggah melalui media sosial.

Selain konten untuk media sosial, Copy.ai juga dapat membuat konten untuk blog, email, iklan, dan lain-lain. Tentu, hal tersebut memberikan kemudahan bagi pemilik bisnis dalam bidang pemasaran produk.

Cara kerjanya juga sederhana, yaitu seseorang dapat memasukkan topik atau deskripsi singkat terkait konten yang ingin ditulis. Setelah itu, hasilnya akan keluar dalam beberapa detik.

Sama seperti program AI sebelumnya, Copy.ai dapat diakses secara gratis untuk semua pengguna tanpa perlu membayar atau berlangganan.

3.   Luminar AI


Luminar AI adalah salah satu program AI paling laris di Indonesia 2023 yang dapat membantu pekerjaan manusia. -Shotkit-

Jika dua program AI sebelumnya lebih menekankan pada tulisan, hal tersebut tidak berlaku untuk Luminar AI. Program berbasis AI ini berfokus dalam melakukan pengeditan foto.

Luminar AI memiliki kelebihan dalam melakukan pengeditan foto seperti Photoshop dalam beberapa menit. Hal tersebut dapat mempermudah seseorang dalam mengedit foto tanpa perlu menghabiskan waktu banyak.

Program AI yang dirilis pada Desember 2020 oleh perusahaan Skylum ini dapat mengedit foto dalam waktu cepat dengan hasil yang sempurna. Program ini lebih menekankan aspek masa depan dan pengeditan foto yang akan datang.

Sayangnya, Luminar AI tidak dapat diakses secara gratis, melainkan seseorang perlu membeli software-nya terlebih dahulu.

4.   DALL-E


DALL-E adalah salah satu program AI paling laris di Indonesia 2023 yang dapat membantu pekerjaan manusia. -Labellerr-

DALL-E merupakan program berbasis AI yang dapat menciptakan gambar melalui teks yang diperintahkan dalam hitungan detik. Program berbasis AI ini telah menarik perhatian banyak seniman yang melihatnya sebagai alat yang membantu mereka menciptakan seni hanya dengan kata-kata.

Program berbasis AI ini ideal dalam menciptakan karya seni digital. DALL-E bermanfaat bagi seseorang yang bekerja di bidang produksi konten seperti blogger dan penerbit karena gambar yang dihasilkan dapat digunakan untuk tujuan komersial.

BACA JUGA: Berkenalan dengan Studio Ajaib, 7 Fitur AI Canva Terbaru untuk Edit Semua Desain Proyek dan Tugas

DALL-E diciptakan oleh Open AI pada Januari 2021 dan telah mengalami perkembangan signifikan sejak itu. Nama DALL-E sendiri menggabungkan tokoh seni terkenal Salvador Dali dengan karakter film WALL-E dari Pixar.

Pengeditan gambar dengan DALL-E mudah dilakukan tanpa perlu memiliki keahlian dalam desain atau fotografi. Pengguna hanya perlu memberikan perintah dan rincian yang sesuai dengan hasil yang diinginkan.

Seluruh gambar yang dihasilkan oleh DALL-E tidak memiliki lisensi, sehingga hak cipta atau kepemilikan gambar berada di tangan pengguna yang memberikan perintah.

Kali ini perusahaan Open AI tidak memberikan akses gratis pada DALL-E sehingga pengguna harus membayar atau berlangganan terlebih dahulu.

5.   Lalal.ai


Lalal.ai adalah salah satu program AI paling laris di Indonesia 2023 yang dapat membantu pekerjaan manusia. -Lalal.ai-

Lalal.ai merupakan sebuah program berbasis AI yang membantu berbagai perusahaan bidang industri musik dan multimedia.

Melalui teknologi AI yang dikembangkan ini, Lalal.ai dapat menyederhanakan tugas yang berkaitan dengan audio dan video bagi musisi, produser audio, teknisi musik, blogger video, streamer, penyalin teks, penerjemah, jurnalis, serta berbagai kreatif lainnya.

Program AI ini memiliki kemampuan untuk dengan cepat, mudah, dan akurat menghilangkan vokal serta memisahkan sumber musik.

Pengguna juga dapat menghapus trek individual, seperti vokal, instrumental, drum, bass, piano, gitar listrik, gitar akustik, dan synthesizer tanpa mengorbankan kualitas musik asli.

Namun sayangnya, program AI ini tidak dapat digunakan secara gratis, melainkan pengguna harus berlangganan terlebih dahulu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: