Reshuffle Minggu Ini, AHY Tiba-Tiba Bicara Pertanian

Reshuffle Minggu Ini, AHY Tiba-Tiba Bicara Pertanian

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimutri Yudhoyono mengunggah foto saat memetik apel di Kota Batu. Ia diisukan akan menjadi menteri pertanian. -Instagram AHY-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Para menteri deg-degan lagi. Terutama yang kini posisinya tidak segaris dengan Presiden Jokowi dalam Plpres 2024. Presiden Jokowi memastikan melakukan reshuffle kabinet pada minggu ini. 

Kabar itu disampaikan Jokowi saat ditanya wartawan seusai menghadiri BNI Investor Daily Summit 2023, di Plataran Hutan Kota, Senayan, Jakarta, 24 Oktober 2023. 

"Hmm, mungkin minggu ini," kata Jokowi singkat menjawab pertanyaan wartawan tentang kemungkinan dilakukan reshuffle kabinet.

Posisi menteri pertanian yang kosong tentu akan diisi. Ini karena Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri karena menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi di Kementan.

Jokowi juga ditanya apakah Partai Demokrat akan masuk ke kabinet. Mendengar pertanyaan itu, Jokowi lantas tersenyum dan manthuk-manthuk (mengangguk-angguk). 

Kalau dalam tradisi Jawa, manthuk-manthuk atau manggut-manggut itu berarti membenarkan. Tentu hanya Jokowi yang tahu makna gestur yang ia perlihatkan tersebut. 

BACA JUGA:Jokowi Reshuffle Kabinet, AHY Dirumorkan Jadi Menteri Pertanian

Ada isu bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang akan ditunjuk untuk mengisi jabatan menteri pertanian. 

Tidak ada angin dan tidak ada hujan, tiba-tiba AHY mengunggah isu pertanian di Instagram pribadinya. Ia mem-posting foto dan video saat memetik apel di Kebun Puri Agung, Kota Batu. 

AHY berkunjung ke kebun apel itu pada Februari 2023. Tentu jadi pertanyaan mengapa ia mem-posting-nya sekarang. 

"@pdemokrat akan terus mendorong terjaminnya ketersediaan pupuk, hadirnya inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia di bidang pertanian agar kita semakin mandiri dan produktif utamanya dalam menyediakan ketersediaan pangan," tulis AHY.

Bila demokrat benar masuk kabinet, mungkin ini bagian dari kompensasi karena AHY dan demokrat masuk Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai capres-cawapres. 

Bisa jadi Jokowi akan melakukan reshuffle besar-besaran kali ini. Tidak hanya mengisi Kementan. Sejumlah menteri yang pantas untuk deg-degan yakni: 

1. Mahfud MD

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: