Jokowi Reshuffle Kabinet, AHY Dirumorkan Jadi Menteri Pertanian

Jokowi Reshuffle Kabinet, AHY Dirumorkan Jadi Menteri Pertanian

Pertemuan Ketum Demokrat AHY dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Mereka berkoalisi untuk memenangkan duet Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.-Twitter @AgusYudhoyono-

JAKARTA HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo mengumumkan kemungkinan adanya reshuffle kabinet pada pekan ini. Pengumuman itu disampaikan oleh Jokowi dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, 24 Oktober 2023.

Menurutnya, salah satu posisi menteri yang akan dirombak adalah Menteri Pertanian, yang sebelumnya dipegang oleh Syahrul Yasin Limpo.

Ia mundur setelah menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam pengumuman tersebut, Jokowi tidak secara langsung merinci siapa yang akan menggantikan posisi Menteri Pertanian yang kosong.

"Mungkin minggu ini, baru disiapkan," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Meski tidak menjawab secara pasti, Jokowi menganggukan kepala dan tersenyum saat ditanya peluang Demokrat masuk kabinet. Setelah itu ia pergi dan menyudahi konferensi pers.

BACA JUGA:Gibran Bacapres Prabowo, Begini Statusnya di PDIP

BACA JUGA:Reshuffle Minggu Ini, AHY Tiba-Tiba Bicara Pertanian

Partai Demokrat saat ini merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

Keputusan tersebut datang setelah Ketum Gerindra Prabowo Subianto yang juga anggota KIM, mengumumkan bahwa putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka jadi cawapresnya. 

Gibran bisa mendampingi Prabowo setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan gugatan terkait batas usia calon presiden dan cawapres minimal 40 tahun atau pernah menjadi kepala daerah.

Pertimbangan itu menunjukkan arah politik yang berkembang di Indonesia menjelang pemilihan presiden yang digelar Februari 2024 nanti.

BACA JUGA:Prabowo Merasa Aneh soal Gugatan Batas Usia Capres 70 Tahun

BACA JUGA:Restui Gibran Jadi Bacawapres Prabowo, Tagar Kecewa Jokowi Jadi Trending di Twitter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: