Restui Gibran Jadi Bacawapres Prabowo, Tagar Kecewa Jokowi Jadi Trending di Twitter

Restui Gibran Jadi Bacawapres Prabowo, Tagar Kecewa Jokowi Jadi Trending di Twitter

USAI restui Gibran jadi bacawapres Prabowo, tagar Kecewa Jokowi Jadi Trending di Twitter.-Setpres-

HARIAN DISWAY - Setelah Prabowo mendeklarasikan Gibran Rakabuming Raka sebagai bkal calon wakil presiden (bacawapres), masyarakat (terutama warganet) gempar. Mereka mengutarakan kekecewaan kepada Presiden Joko Widodo yang seolah melanggengkan politik dinasti.

Alhasil, tagar #KecewaJokowi menjadi trending di platform X (dulu Twitter) selama Minggu malam hingga Senin dini hari.

Sebab, Jokowi memberikan restu penuh kepada Gibran untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2024. Meskipun, saat Jokowi mengatakan itu, Gibran belum dideklarasikan sebagai bacawapres Prabowo.

BACA JUGA: Elektabilitas Prabowo Diprediksi Turun Pasca Tunjuk Gibran, Tetap Ketat dengan Ganjar Pranowo

"Orang tua itu tugasnya hanya mendoakan dan merestui. Karena (Gibran) sudah dewasa, jangan terlalu mencampuri urusan yang sudah diputuskan oleh anak-anak kita," kata Jokowi di tengah perayaan Hari Santri Nasional 2023 di Surabaya 22 Oktober 2023.


USAI restui Gibran jadi bacawapres Prabowo, tagar Kecewa Jokowi jadi trending di Twitter. Foto: Jokowi di peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Surabaya.-Boy Slamet-Harian Disway-

Jokowi dinilai lupa pada ucapannya sendiri pada Mei 2023. Saat itu, selentingan bahwa Gibran akan diajukan sebagai cawapres Prabowo baru kali pertama terdengar. Jokowi menganggap rumor itu tidak logis.

"Yang pertama umur (Gibran masih 35 tahun, Red). Yang kedua, wong baru dua tahun aja lho, jadi Wali Kota Solo. Yang logis aja lah," kata Jokowi waktu itu.

BACA JUGA: Jadi Bacawapres Prabowo, Ini Prestasi Gibran sebagai Wali Kota Solo

BACA JUGA: Dari Martabak ke Politik, Ini Profil Singkat Gibran Rakabuming Raka yang Jadi Bacawapres Prabowo

Bedanya, lima bulan yang lalu, MK belum memutuskan perubahan undang-undang soal batas usia capres cawapres. Setelah putusan MK itu turun, Gibran akhirnya bisa ikut kontestasi Pilpres 2024.

Ada banyak hal yang membuat masyarakat kecewa pada Jokowi atas pencalonan Gibran sebagai cawapres Prabowo. Selain dugaan melanggengkan politik dinasti, ia juga dianggap berkhianat kepada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Pasalnya, Jokowi dan Gibran masih berstatus sebagai kader partai berlambang banteng tersebut. Meski secara hukum tidak ada yang salah, apa yang dilakukan Jokowi dianggap melanggar etika.


USAI restui Gibran jadi bacawapres Prabowo, tagar Kecewa Jokowi jadi trending di Twitter. Foto: Jokowi bersama Gibran (kiri) dalam momentum pernikahan Kaesang Pangarep (kanan). -Setpres-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: