7 Tool AI Gratis Bantuin Pekerjaan Jadi Lebih Mudah Selain ChatGPT

7 Tool AI Gratis Bantuin Pekerjaan Jadi Lebih Mudah Selain ChatGPT

7 tool AI gratis yang dapat membantu pekerjaan menjadi lebih mudah. -Freepik-

HARIAN DISWAY - Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) membuat aneka macam tool AI banyak bermunculan. Kombinasi penggunaan tool AI bersamaan dengan keterampilan manusia dapat menciptakan hasil pekerjaan jauh lebih maksimal.

Namun, kebanyakan akses dalam menggunakan tool AI adalah berbayar atau berlangganan. Meskipun demikian, ada juga tool AI yang dapat digunakan secara gratis.  Berikut adalah 7 tool atau alat bantu AI gratis yang dapat mempermudah pekerjaan.

1.   Answer The Public


Answer The Public, salah satu tool AI gratis yang dapat membantu pekerjaan menjadi lebih mudah.  -Answer The Public-

Answer The Public adalah tool AI yang digunakan untuk mencari kata kunci dengan menampilkan pertanyaan-pertanyaan yang umumnya diajukan oleh pengguna terkait suatu topik.

Tentu saja, fungsinya itu akan sangat berguna dalam membantu seseorang memahami jenis konten yang relevan dan dicari oleh audiens.

Selain itu, Answer The Public memberikan kemampuan untuk secara efisien memproses visualisasi data. Hal itu memungkinkan pengguna untuk menganalisis dan memahami informasi yang disajikan dalam bentuk visual.

Answer The Public juga menawarkan data yang lengkap dan dapat diunduh tanpa biaya tambahan. Hal itu memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan informasi tersebut dalam berbagai proyek atau analisis.

2.   Synthesia


Synthesia, salah satu tool AI gratis yang dapat membantu pekerjaan menjadi lebih mudah. -Synthesia-

Synthesia adalah tool AI untuk menciptakan video animasi yang informatif dan mudah dimengerti. Alat bantu AI ini memungkinkan pengguna untuk membuat video animasi tanpa memerlukan keahlian desain atau keterampilan teknis yang tinggi.

Selain itu, Synthesia juga menyediakan avatar manusia realistis yang dapat digunakan dalam video. Pengguna dapat memanfaatkan tool AI ini untuk membuat video animasi untuk berbagai keperluan, termasuk presentasi bisnis, pendidikan, pemasaran, atau hiburan.

Synthesia juga dilengkapi dengan fitur pembuatan video animasi otomatis yang menghasilkan suara yang sangat menyerupai suara manusia.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menciptakan video animasi yang lebih realistis dan dinamis. Selain itu, fitur tersebut juga dapat membantu pengguna yang mungkin memiliki keterbatasan dalam aksen bahasa Inggris.

3.   Uberduck


Uberduck, salah satu tool AI gratis yang dapat membantu pekerjaan menjadi lebih mudah. -Uberduck-

Uberduck adalah tool AI yang digunakan untuk mengubah teks menjadi suara sehingga cocok digunakan dalam industri audio.

Adapun hasil suara yang diinginkan dapat disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan pengguna, mulai dari suara berat pria hingga suara tinggi perempuan. Bahkan, fitur Uberduck ini mampu menciptakan suara ala kartun yang menarik.

Penggunaan Uberduck ini untuk mengubah teks menjadi suara memiliki beragam fungsi, seperti pembacaan otomatis teks artikel, dukungan asisten suara, bantuan khusus untuk penyandang disabilitas, dan lain-lain.

Dilansir dari laman resminya, Uberduck memiliki lebih dari 5 ribu jenis suara yang dapat dipilih oleh pengguna untuk mengubah teks menjadi suara sesuai dengan preferensi pengguna.

4.   Benchmark


Benchmark, salah satu tool AI gratis yang dapat membantu pekerjaan menjadi lebih mudah. -Benchmark-

Benchmark merupakan tool AI yang dapat digunakan dalam membuat email pemasaran sehingga sangat cocok digunakan bagi pengguna yang memiliki usaha.

Salah satu keunggulan Benchmark adalah kemampuannya dalam membuat desain email marketing yang menarik karena pengguna dapat mengedit gambar atau video secara langsung tanpa perlu bergantung pada aplikasi tambahan.

Selain itu, Benchmark juga menawarkan layanan gratis yang memungkinkan pengguna mengirim hingga 14.000 email kepada 2.000 pelanggan.

Benchmark memberikan pengalaman yang simpel dan intuitif. Manfaat utamanya adalah mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam proses penyiapan dan penyesuaian, sehingga pengguna dapat lebih fokus pada pemantauan pertumbuhan daftar kontak konsumen.

Platform ini juga memungkinkan otomatisasi penyambutan bagi pelanggan baru, serta memudahkan penambahan dan penghapusan orang dari daftar kontak.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat membuat halaman arahan untuk membantu dalam meningkatkan penjualan produk atau mengundang lebih banyak orang untuk berlangganan pada buletin pengguna.

5.   Jasper AI


Jasper AI, salah satu tool AI gratis yang dapat membantu pekerjaan menjadi lebih mudah. -Jasper AI-

Jasper AI adalah tool AI yang dapat digunakan untuk menghasilkan konten berkualitas secara cepat dan efisien.

Penggunaan Jasper AI secara signifikan dapat meningkatkan kualitas tulisan pengguna dan membantu kontennya dalam mencapai peringkat yang baik dalam hasil pencarian mesin pencari (SEO).

Selain sebagai alat referensi dan sumber informasi yang efektif, Jasper AI juga cocok digunakan ketika pengguna ingin menulis konten yang kreatif dan inovatif. Penggunaan alat canggih ini juga mempercepat proses pencarian dan menghemat waktu.

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun informasi diperoleh dari Jasper AI, tetap diperlukan peninjauan dan pengecekan kualitas tulisan yang dihasilkan.

6.   Soundraw


Soundraw, salah satu tool AI gratis yang dapat membantu pekerjaan menjadi lebih mudah. -Soundraw-

Soundraw adalah took AI yang dapat membuat musik berdasarkan suasana, genre, dan durasi yang diinginkan. Tool ini sangat sesuai bagi para konten kreator, insinyur suara, dan pembuat film.

Keunggulan utama Soundraw adalah pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan komposisi musik yang mendalam, dan pengguna dapat dengan cepat menghasilkan soundtrack yang unik.

Banyak pengguna telah memanfaatkan Soundraw dalam produksi konten, pembuatan game, pengembangan aplikasi, pembuatan situs web, serta untuk menciptakan konten berbasis NFT.

Soundraw dirancang untuk menciptakan komposisi berdasarkan data tertentu. Pengguna juga tidak perlu khawatir mengenai masalah hak cipta yang sering muncul di platform seperti YouTube.

Penggunaan Soundraw daripada menggunakan audio stok memungkinkan pengguna untuk memilih nada yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Selanjutnya, pengguna dapat menyesuaikannya secara lebih mendetail sehingga musiknya cocok dengan video dan podcast pengguna dengan sempurna.

7.   Steve AI


Steve AI, salah satu tool AI gratis yang dapat membantu pekerjaan menjadi lebih mudah. -Steve AI-

Steve AI adalah tool AI yang dapat digunakan untuk menyederhanakan seluruh proses pembuatan video, mulai dari pembuatan skrip, penambahan subtitle, pengeditan, hingga proses penerbitan.

Steve AI dibuat dengan tujuan untuk menghemat waktu bagi para pembuat video, pemasar, tenaga penjualan, serta siapa pun yang ingin membuat video dengan lebih cepat daripada yang mungkin dilakukan dengan perangkat lunak pengeditan video profesional.

Dibandingkan dengan metode manual, Steve AI mampu secara otomatis mengubah skrip menjadi video yang menarik dalam waktu hitungan menit.

Selain itu, Steve AI juga menyediakan beragam jenis video dan template yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Dengan demikian, pengguna memiliki kebebasan untuk menjelajahi kreativitas dan menghasilkan video sesuai dengan preferensi pengguna.

Berikut adalah 7 tool AI yang dapat membantu pekerjaan menjadi lebih mudah. Anda dapat mencoba dalam menggunakan tool AI tersebut secara gratis. Bagaimana? tertarik bukan untuk mencobanya? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: