Parade 260 Kendaraan Konversi Listrik Karya Siswa SMK Jatim, Ada Jaguar-EV dari Magetan

Parade 260 Kendaraan Konversi Listrik Karya Siswa SMK Jatim, Ada Jaguar-EV dari Magetan

Jag-EV karya Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin, Magetan, melintas di depan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.-Humas Pemprov Jatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Warnanya metalik. Sky-blue. Atau biru telur asin. Logo Jaguar yang seolah meloncat itu masih menempel di bagian pintu. Itulah Jaguar Type S keluaran tahun 2000 milik Dahlan Iskan. Yang kini sudah dikonversi ke listrik oleh para pelajar SMK 2 Pesantren Sabilul Muttaqin, Takeran, Magetan.

Namanya pun sudah diganti: Jag-EV. Kemarin, mobil mewah pada zamannya itu dipamerkan lagi. Kali ini tampil di perhelatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Nasional XXXI di SMKN 6 Surabaya.

Jag-EV tak sendiri. Ada banyak kawannya: 23 mobil listrik. Juga hasil konversi anak-anak SMK negeri maupun swasta di Jawa Timur. Semuanya ikut parade yang dilepas langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menuju Gedung Negara Grahadi, Kamis, 26 Oktober 2023.

Ya, kini pelajar SMK sudah lebih maju. Bahkan tak hanya mengonversi mobil. Tetapi, juga ada 235 motor listrik konversi. Plus satu motor listrik konversi roda tiga. 

Sebelumnya, 260 kendaraan listrik konversi karya siswa SMK di Jatim itu telah sukses meraih penghargaan Muri. Diumumkan saat upacara Peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jatim pada 12 Oktober lalu.

Khofifah menyempatkan diri untuk berbincang dengan para siswa. Menanyakan pembuatan hingga komponen mesin yang digunakan. “Yang menarik, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di kendaraan listrik ini rata-rata mencapai 50 persen,” katanya. 

Memang beberapa produk masih impor. Velg, misalnya. Namun, karya anak-anak SMK itu sangat layak untuk diapresiasi. Sebagai bentuk partisipasi generasi muda Jatim mengambil peran. Terutama dalam mengurangi polusi udara dan mendukung terwujudnya Net Zero Emissions (NZE) pada 2060. (Mohamad Nur Khotib)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: