Sah! Bandara Kertajati Beroperasi Penuh Layani Penerbangan Domestik dan Internasional Mulai Hari Ini

Sah! Bandara Kertajati Beroperasi Penuh Layani Penerbangan Domestik dan Internasional Mulai Hari Ini

Pesawat AirAsia jurusan Kertajati-Denpasar, Bali terbang pada pengoperasian penuh hari pertama Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat-Kemenhub-

MAJALENGKA, HARIAN DISWAY - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati secara resmi beroperasi penuh melayani penerbangan komersial pada hari ini, Minggu, 29 Oktober 2023. 

Bandara yang terletak di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka tersebut akan melayani penerbangan komersial berjadwal baik rute domestik maupun internasional. 

Sebagian besar rute adalah pengalihan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung yang beralih melayani penerbangan intra-jawa dengan pesawat baling-baling (propeller)

BACA JUGA:Bandara Kertajati Beroperasi Penuh 29 Oktober, Berikut Daftar Rute Penerbangannya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas dua penerbangan perdana yaitu maskapai AirAsia rute Kertajati-Denpasar yang berangkat pukul 08.15 WIB dan penerbangan maskapai Super Air Jet rute Kertajati-Medan dengan keberangkatan pukul 08.30 WIB. 

Menhub mengatakan, latar belakang pengalihan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati di antaranya adalah untuk meningkatkan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan.


Penumpang melakukan check-in di Bandara Kertajati pada hari pertama pengoperasian pada Minggu, 29 Oktober 2023-Kemenhub-

“Kita butuh runway yang lebih panjang dari Bandara Husein, supaya pesawat besar seperti Boeing 777 bisa mendarat sehingga penerbangan dari luar negeri baik dari Asia, Eropa, dan negara lainnya, bisa langsung mendarat di Jawa Barat,” ujar Budi dalam peresmian tersebut. 

“Maka itu penerbangan kita pindah ke Bandara Kertajati," imbuh pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan ini. 

BACA JUGA:Penerbangan dari Bandara Husein Bandung Pindah Ke Kertajati Mulai 29 Oktober 2023

Bandara Kertajati memiliki luas total lahan sebesar 1.800 hektar, dengan luas terminal penumpang 121.000 meter persegi dan terminal kargo 90.000 meter persegi. 

Landasan pacunya dibangun sepanjang 3.000 meter dengan lebar 60 meter. Bandara ini diproyeksikan dapat melayani sebanyak 5,6 s.d.12 juta penumpang per tahun hingga 2024, dan diproyeksikan mencapai 29,3 juta penumpang per tahun pada 2032.

BACA JUGA:Bandara Kertajati Mulai Layani Penerbangan Umroh

Setelah pengalihan penerbangan dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati, setiap harinya ada sebanyak 16 penerbangan dengan kapasitas tempat duduk sebesar 32.760 orang (pax) per minggu atau 4.680 pax per hari (datang dan berangkat). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: