Bandara Kertajati Beroperasi Penuh 29 Oktober, Berikut Daftar Rute Penerbangannya

Bandara Kertajati Beroperasi Penuh 29 Oktober, Berikut Daftar Rute Penerbangannya

Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat akan melayani penerbangan dengan pesawat jet mulai 29 Oktober 2023-Youtube Kemenhub151-

MAJALENGKA, HARIAN DISWAY - Operasional penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung (BDO) akan berakhir pada tanggal 28 Oktober 2023 mendatang. 

Sejak hari itu, bandara yang terletak di pusat kota Bandung, Jawa Barat tersebut akan berhenti melayani penerbangan dengan pesawat jet. 

Selanjutnya, Bandara Husein hanya akan melayani penerbangan berjadwal dalam negeri dengan pesawat jenis propeller untuk rute intra jawa seperti dari/ke Bandar udara Adisutjipto (JOG) oleh Wings Air menggunakan pesawat ATR72-600.

BACA JUGA:Penerbangan dari Bandara Husein Bandung Pindah Ke Kertajati Mulai 29 Oktober 2023

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub M. Kristi Endah Murni mengungkapkan, kesuksesan operasional Bandara Kertajati akan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Utamanya pemerintah daerah di kawasan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan).  

“Kristi meminta agar peran serta pemerintah provinsi/daerah dalam memberikan informasi secara massif kepada masyarakat sebagai pengguna jasa transportasi udara perlu lebih ditingkatkan lagi,” katanya lewat pernyataan resmi, Rabu, 12 Oktober.  

Hal lain yang tidak kalah penting kata Kristi adalah agar pemda setempat memberikan dukungan untuk ketersediaan penumpang (demand). 

BACA JUGA:Bandara VVIP IKN Mulai Dibangun Bulan Depan, Didesain Dengan Budaya Kalimantan dan Teknologi Ramah Lingkungan

Hal ini harus diwujudkan dengan ketersediaan moda transportasi dari dan menuju ke Bandara Kertajati. Seperti bus damri, shuttle bus, taxi, transportasi berbasis online. 

“Ini semua harus sudah tersedia dan beroperasi sehingga Bandara Kertajati sudah siap melayani konektivitas transportasi udara untuk masyarakat Ciayumajakuning dan sekitarnya," ucap Kristi.

Kristi menambahkan, agar masyarakat mendapatkan informasi yang jelas, pemda setempat perlu memanfaatkan sarana dan media komunikasi baik melalui media sosial, online,  ataupun spanduk dan umbul-umbul.  

Dalam kunjungan kerjanya, Dirjen Hubud juga mencoba moda transportasi umum Damri dari Kebon Kawung Bandung menuju Bandara Kertajati dengan menempuh perjalanan sekitar 1.30 menit. 

Turut hadir dalam rombongan tersebut Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Dirut PT. Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Yufrudon Gandoz Situmeang, 

Direktur Utama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Muhamad Singgih, Presiden Direktur Lion Air Group Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: