Mau Jadi Barista, Ini Panduan Memilih Peralatan Kopi

Mau Jadi Barista, Ini Panduan Memilih Peralatan Kopi

Peralatan pembuat kopi dari One Two Cups yang merupakan brand lokal. -One Two Cups Official Store-

HARIAN DISWAY – Anda ingin jadi barista yang sukses? Kuncinya ada pada peralatan kopi yang Anda pakai. Tidak hanya fungsionalitasnya yang diperhatikan. Kualitas dan desain juga akan sangat menentukan. Salah satu merek yang patut dipertimbangkan adalah One Two Cups

Ini brand asli Indonesia. Brand tersebut sudah berpengalaman menyajikan peralatan kopi, teh, dan dapur dengan harga yang terjangkau. Tentu dengan tetap memperhatikan kualitas dan desain.

Berikut panduan dalam memilih peralatan kopi untuk barista pemula

1. Mesin Kopi Sesuai Kebutuhan

Banyak pilihan mesin kopi. Semua menawarkan fitur dan spesifikasi yang beragam. Mulai dari yang manual hingga otomatis. Bagi barista pemula tetap harus memilih mesin kopi sesuai kebutuhan. Barista perlu memahami jenis minuman kopi yang ingin disajikan, jumlah produksi harian, dan yang terpenting adalah anggaran.

Mesin kopi manual akan memberi Anda kontrol penuh atas proses penyeduhan. Tapi perlu keterampilan untuk mengoperasikan alat manual ini agar kopi yang dihasilkan bisa konsisten. Untuk mesin otomatis akan lebih muda dioperasikan bagi pemula. Tapi tidak memberikan fleksibilitas yang sama seperti mesin manual.

Pilihlah berdasarkan apa yang paling sesuai dengan kebutuhan dan level keahlian Anda.

2. Penggiling Kopi Berkualitas

Penggiling kopi adalah peralatan krusial dalam pembuatan kopi. Kualitas penggilingan mempengaruhi tekstur bubuk kopi yang dihasilkan. Dan ending-nya memenpengaruhi ekstraksi dan rasa akhir kopi. Sebuah penggiling kopi berkualitas akan menghasilkan tekstur bubuk kopi yang konsisten, memastikan setiap seduhan Anda menghasilkan rasa yang optimal.

Lalau, faktor apa yang dipertimbangkan sebelum membeli mesin penggilingan kopi? Pertimbangkan faktor seperti jenis burr (kerucut atau datar), rentang pengaturan kekasaran, dan daya tahan mesin. Penggiling dengan pengaturan kekasaran yang bervariasi memberi Anda fleksibilitas dalam menyeduh berbagai jenis kopi, dari espresso hingga French press. Pastikan juga penggiling Anda mudah dibersihkan untuk mempertahankan kualitas penggilingan.

3. Jangan Abaikan Alat Pengukur

Untuk menghasilkan kopi yang konsisten, perlu takaran yang tepat. Diperlukan timbangan untuk memastikan proporsi kopi dan air yang tepat. Ketepatan dalam mengukur takaran kopi dan suhu air adalah kunci untuk menghasilkan seduhan kopi yang sempurna.

Ketidakakuratan, meskipun hanya sedikit, dalam mengukur takaran atau suhu dapat berdampak signifikan pada rasa dan aroma kopi Anda. Oleh karena itu, investasi dalam alat pengukur berkualitas dan pastikan selalu digunakan setiap kali Anda menyeduh, agar hasil kopi selalu memuaskan dan konsisten.

4. Pilih Teko dengan Tuang yang Presisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: