Dampingi Messi, Aitana Bonmati Raih Ballon d'Or Perempuan

Dampingi Messi, Aitana Bonmati Raih Ballon d'Or Perempuan

Aitana Bonmati memenangkan Ballon d'Or Perempuan 2023 di Paris.-FIFA-

HARIAN DISWAY - Pemain tengah asal Spanyol dan Barcelona, Aitana Bonmati, meraih penghargaan Women's Ballon d'Or untuk pertama kali dalam kariernya. 

Bonmati merayakan musim sempurna. Dia membantu klubnya meraih gelar juara di La Liga Spanyol dan Liga Champions, serta membantu timnas Spanyol meraih Piala Dunia musim panas lalu.

Prestasi gemilang perempuan 25 tahun itu, tidak berhenti sampai di situ. Pada bulan Agustus, dia juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik UEFA.

Dalam acara tersebut, kiper timnas Inggris, Mary Earps, berhasil meraih peringkat kelima, sementara rekan setimnya, Rachel Daly, berada di posisi ke-10.

Pemain Lionesses lainnya, Millie Bright dan Georgia Stanway, juga masuk dalam daftar nominasi.

Pada acara yang sama, Sam Kerr dari Chelsea dan Australia menduduki peringkat kedua, sementara remaja Barcelona dan Spanyol, Salma Paralluelo, berada di peringkat ketiga. Pemain Barcelona dan Swedia, Fridolina Rolfo, berhasil meraih peringkat keempat.

Bonmati, yang meraih tiga gol selama Piala Dunia di Australia dan Selandia Baru, memberikan kontribusi besar saat Spanyol mengalahkan Inggris di final. Dia menyatakan rasa bangganya dalam pidato kemenangannya.

"Saya sangat bangga meraih Ballon d'Or ini. Sepakbola adalah olahraga kolektif, jadi saya ingin membagi penghargaan ini dengan rekan-rekan tim dan staf," kata Bonmati.

BACA JUGA:Kaget! Lionel Messi Raih Ballon d'Or Ke-8, Ini Alasannya...

BACA JUGA:Skandal Piala Dunia Perempuan 2023: Pemain dan Pelatih Timnas Spanyol Mundur usai Juara

"Akhirnya, selamat kepada nomion lainnya. Mereka adalah pemain hebat. Sebagai panutan, kita memiliki tanggung jawab di dan di luar lapangan. Kita harus lebih dari sekadar atlet dan tetap memberi contoh serta berjuang bersama untuk dunia yang lebih baik, damai, dan adil," ujarnya.

Namun, kemenangan Spanyol di Piala Dunia terselubung kontroversi setelah Presiden Federasi Sepakbola Spanyol, Luis Rubiales, mencium Jenni Hermoso setelah final, meskipun Hermoso menyatakan bahwa ciuman tersebut tidak konsensual.

Bonmati, yang telah meraih empat gelar La Liga dan dua Liga Champions dengan Barcelona, meraih penghargaan ini dalam edisi kelima Women's Ballon d'Or.

Sebelumnya, rekan setimnya di Barcelona, Alexia Putellas, memenangkan penghargaan tersebut pada dua tahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc