Alasan FIFA Tunjuk Arab Saudi sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Alasan FIFA Tunjuk Arab Saudi sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2034

KingvFahd International Stadium di Riyadh, Saudi Arabia bakal jadi venue utama Piala Dunia 2034.-Wikipedia-

HARIAN DISWAY - Dalam sebuah pertemuan besar melalui konferensi video dari kantor FIFA, diputuskan bahwa Arab Saudi akan menjadi tuan rumah Piala Dunia edisi 2034. Pertemuan ini juga merupakan peringatan seratus tahun turnamen Piala Dunia FIFA dari tahun 1930 hingga 2030.

FIFA telah menggelar konsultasi mendalam dengan semua konfederasi sepak bola sejak awal Oktober 2023, dengan tujuan untuk merayakan pentingnya seratus tahun Piala Dunia FIFA.

Dewan FIFA akhirnya membuat keputusan krusial terkait pencalonan dan penyelenggaraan Piala Dunia FIFA edisi Centenary pada tahun 2030.

Pada Piala Dunia FIFA 2030, konsepnya adalah menyatukan tiga benua, yaitu Afrika, Eropa, dan Amerika Selatan, dengan enam negara sebagai tuan rumah bersama, yaitu Maroko, Portugal, Spanyol, Uruguay, Argentina, dan Paraguay.

BACA JUGA:5 Hari Jelang Piala Dunia U-17, PUPR Nyatakan Semua Renovasi Stadion dan Lapangan Latihan Selesai

BACA JUGA:Pemkot Razia RHU Jelang Piala Dunia U-17, Dapat 7 Orang Positif Narkoba

"Kami bersatu, tidak hanya dalam merayakan olahraga sepak bola, tetapi juga untuk menciptakan kohesi sosial dan budaya yang unik," ujar Presiden FIFA, Gianni Infantino, menggambarkan pesan perdamaian, toleransi, dan inklusi yang luar biasa dalam perayaan tu.

Dalam pertemuan tersebut, juga disepakati bahwa Arab Saudi akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034, mengikuti prinsip rotasi konfederasi, serta memastikan kondisi terbaik untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia.

FIFA telah menawarkan kepada Asosiasi AFC (Asia) dan Asosiasi OFC (Oceania) untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Awalnya, Arab Saudi mewakili Asosiasi AFC, sementara Australia mewakili Asosiasi OFC. Namun, Australia memutuskan untuk menunda keinginannya, sehingga Arab Saudi menjadi calon tunggal sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.

BACA JUGA:Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Lawan Irak dan Filipina

BACA JUGA:Polda Jatim Siapkan 350 Personel Sebagai Steward di Piala Dunia U-17

Arab Saudi telah mempersiapkan segala hal dengan matang. Sejak awal tahun 2023, liga utama Arab Saudi telah mendatangkan mega bintang sepak bola, Cristiano Ronaldo, serta beberapa pemain bintang lainnya dari klub-klub terbaik Eropa.

Para pemain bintang Eropa ini tidak hanya bermain di liga utama Arab Saudi, tetapi juga menjadi Duta Brand untuk turnamen Piala Dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: