Tak Gentar! Pasukan Houthi Yaman Tembak Jatuh Drone AS Pendukung Israel

Tak Gentar! Pasukan Houthi Yaman Tembak Jatuh Drone AS Pendukung Israel

Sebuah MQ-9 Reaper lepas landas di Lapangan Udara Tentara Wheeler-Sack di Fort Drum, New York, pada 14 Februari 2012. -US Army-

HARIAN DISWAY - Pasukan Houthi Yaman menembak drone milik Amerika Serikat pada pagi ini hari Selasa, 9 November 2023. 

Pejabat senior militer AS, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya tersebut, mengatakan bahwa Tim Militer Senior AS masih menganalisis kejadian tersebut lebih jauh.

Termasuk membahas apakah drone itu berada di wilayah udara internasional atau di atas Yaman. Karena drone milik AS tersebut jatuh tepat diatas perairan internasional. 

Kedua pejabat tersebut berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk berbicara di depan umum.

BACA JUGA: Menakar Kekuatan Pasukan Houthi Yaman, Perang Saudara Melawan Arab, Kini Bela Palestina

Sementara itu, Kelompok prajurit bersenjata bekingan Iran tersebut mengatakan, bahwa itu adalah drone MQ-9 Reaper yang berada di wilayah udara Yaman dan ditembak jatuh oleh pertahanan udara milik Yaman. 


MQ-9 Reaper lakukan latihan di Lapangan Udara Tentara Wheeler-Sack di Fort Drum, New York, pada 1 Desember 2011-US ARMY-

Kelompok Houthi Yaman telah menguasai ibu kota Yaman dan sebagian besar wilayah utara-barat yang menjadi pusat populasi tertinggi di Yaman. 

Menurut Wilson Center, Houthi merupakan gerakan Syiah Zaidi yang telah memerangi pemerintah mayoritas Sunni di Yaman sejak 2004.

Gerakan ini muncul di Yaman utara pada tahun 1990an, sebagai dampak krisis agama dan keuangan yang semakin meningkat dari negara tetangga, Arab Saudi. 


Kelompok militan Houthi di Yaman yang berani menyerang Israel. Kekuatan militer tersebut tidak terlepas dari hubungan antara Houthi dan Iran sejak 2004. -Voa Indonesia-

Houthi Yaman kini terjun dalam perang Hamas-Israel yang membela Palestina. Kelompok Houthi telah menembakkan empat kelompok rudal dan mengarahkan sejumlah drone ke arah Israel selatan pada 31 Oktober 2023.

BACA JUGA: Kisah Musuh Baru Israel: Pasukan Houthi Jatuhkan Pemerintah Yaman 2014

Sebelumnya, kapal perang Angkatan Laut AS sudah lebih dulu menembak jatuh tiga rudal jelajah milik Houthi yang terletak di Laut Merah bagian utara, untuk melindungi Israel pada 20 Oktober 2023. AS juga bahkan telah menembak jatuh beberapa drone Yaman lainnya yang sedang menuju ke Israel. (Salsa Amalika) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: