Biden Tak Tanggapi Omongan Jokowi Soal Gaza, Malah Bicara Perubahan Iklim

Biden Tak Tanggapi Omongan Jokowi Soal Gaza, Malah Bicara Perubahan Iklim

Presiden Jokowi bertemu di Ruang Oval Gedung Putih pada Senin Sore, 13 November waktu setempat. Jokowi membawa pesan khusus OKI agar AS mau bekerjasama hentikan kekerasan di Gaza-Setpres-

HARIAN DISWAY - Rekaman video pertemuan Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sudah tersiar. 

Dalam video singkat di Kanal Youtube Sekretariat Presiden, terlihat Jokowi diterima di ruang kerja Presiden AS Oval Room di Gedung Putih, Washington DC.

Biden menyambut Jokowi di sayap barat Portico Gedung Putih, pemimpin 80 tahun tersebut lantas membawa Jokowi masuk ke ruang oval. 

Jokowi menghadiri pertemuan tersebut membawa mandat khusus dari KTT luar biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Riyadh pada Minggu, 12 November lalu. 

BACA JUGA:Indonesia Bawa Mandat OKI Jadi Utusan Perdamaian Palestina

Mandat tersebut mengharuskan Jokowi dan Menlu Retno Marsudi untuk mengupayakan perdamaian di Gaza, termasuk melobi AS, sekutu terbesar Israel untuk menghentikan kekerasan di Gaza. 

Sayang, Joe Biden kurang antusias membahas Gaza dalam pertemuan tersebut. 

Dalam pertemuan tersebut, Joe Biden mengatakan keinginannya untuk meningkatkan kerjasama antar AS dan Indonesia ke tingkat yang tertinggi. Yakni strategis dan komprehensif. 

“Ini akan menandai era baru dalam kerjasama Indonesia dan AS dalam segala hal, keamanan di wilayah, terutama maritim, dan keamanan rantai pasok,” jelas Biden. 

Biden juga menyebut kolaborasi yang lebih dalam dalam penanggulangan isu krisis iklim dan transisi menuju energi bersih. 

Kami siap menjadi partner juga bagi ASEAN untuk mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, aman dan makmur. “Terima kasih atas kepemimpinan anda (Jokowi,Red) di ASEAN tahun ini,” kata Biden. 

BACA JUGA:Jokowi Bertemu Biden di AS, Bahas Konflik Palestina dan Pasokan Nikel 

“Menjelang 75 tahun kemitraan antar dua negara kita, saya selalu menantikan percakapan hari ini, dan pertemuan kita di KTT APEC di San Fransisco bulan ini,” kata Biden. 

Sambutan Biden dijawab Jokowi dengan bahasa Inggris. Pemimpin asal Solo, Jawa Tengah tersebut mengatakan bahwa AS merupakan salah satu mitra penting Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: