Kisah Transformatif Dua Pemilik Warung Ini Jadi Mentor dan Mentee Mitra Mentorship Program

Kisah Transformatif Dua Pemilik Warung Ini Jadi Mentor dan Mentee Mitra Mentorship Program

Sejak bergabung dengan Mitra Bukalapak, pendapatan Achmad Khuzaini dari bisnisnya yakni Zaini Mart, melesat hingga mencapai Rp 200 juta setiap bulan. --

HARIAN DISWAY - Dalam menjalankan Mitra Mentorship Program, Mitra Bukapalak memilih para mentor dan mentee. Seperti Achmad Khuzaini. Pemilihan Jay -sapaan akrabnya- sebagai mentor didorong oleh keinginan Mitra Bukalapak untuk menginspirasi para pemilik warung lainnya.

Utamanya dalam meraih kesuksesan seperti Jay. Sebab mitra Bukalapak asal Surabaya ini berhasil mentransformasi warungnya yang dulunya terdiri dari satu etalase hingga kini tampak seperti minimarket. 

”Awalnya, Jay bekerja sebagai pegawai minimarket sebelum memutuskan untuk berhenti demi mewujudkan impian memiliki usaha sendiri,” terang VP Mitra Operations & Commerce Becquini Akbar.

BACA JUGA: Dorong Transformasi Warung di Jatim, Mitra Bukalapak Pakai Pendekatan Mitra Mentorship Program

Meski memulai dengan modal yang terbatas, tapi setelah bergabung dengan Mitra Bukalapak, variasi produk di warungnya meningkat dan pelanggan yang datang semakin melonjak. 

Pendapatan dari bisnisnya, Zaini Mart, melesat hingga mencapai Rp 200 juta setiap bulan. Itu membuat Jay bertekad untuk mengajak pemilik warung lain agar lebih kreatif dalam memaksimalkan potensi warung mereka. 

Ia ingin berbagi kiat sederhana untuk meningkatkan tampilan produk dan tata letak, serta menciptakan program promosi dan program loyalitas yang dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Menurut Jay, banyak pemilik warung masih terjebak dalam pola pikir konvensional. Seperti menemaptkan produk secara asal-asalan, tidak dikelompokkan, tidak diberi label, dan ditata dengan kurang rapi. 

”Padahal setiap sudut warung memiliki potensi untuk meningkatkan penjualan. Mereka bisa memikat pelanggan dengan tampilan yang menarik dan tata letak yang baik," ungkap Jay.

Sementara itu, mentee terpilih Liya Wahyuningsih, mengaku turut mengalami transformasi signifikan karena berhasil mengembangkan usaha dari satu meja di teras rumah jadi warung tetap. Itu setelah bergabung dengan Mitra Bukalapak pada 2019.
Mentee terpilih Liya Wahyuningsih di warungnya. Ia mengaku turut mengalami transformasi signifikan karena berhasil mengembangkan usaha dari satu meja di teras rumah jadi warung tetap. --

Lewat Mitra Mentorship Program ini, dia dapat mengeksplorasi lebih banyak pengetahuan terkait penataan etalase dan rak, penampilan produk, hingga strategi promosi. Itu membuat warungnya jadi lebih menarik dan efektif dalam menarik pelanggan.

”Sejak bergabung dengan Mitra Bukalapak, pendapatan saya mengalami peningkatan hingga 10 kali lipat. Saya percaya program ini bisa membawa keuntungan warung yang lebih baik lagi untuk saya dan keluarga,” ujar Liya.

BACA JUGA: Belanja Live di Bukalapak Si Paling Harbolnas, Ada Voucher Belanja Total Rp 10 Juta Selama Promo 10.10

Ditambahkan oleh Corporate Development Manager Marissa Anugrah, sejak 2017, Mitra Bukalapak kini melayani lebih dari 17,9 juta warung, kios pulsa, dan bisnis mikro dan kecil lainnya di seluruh Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: