Dorong Transformasi Warung di Jatim, Mitra Bukalapak Pakai Pendekatan Mitra Mentorship Program

Dorong Transformasi Warung di Jatim, Mitra Bukalapak Pakai Pendekatan Mitra Mentorship Program

Mentor dan mentee aktif memberikan pendampingan berupa masukan dan tip bisnis bagi para pemilik warung lainnya secara intensif melalui forum online. Seperti yang dilakukan Liya Wahyuningsih. --

HARIAN DISWAY - Komitmen mendukung perkembangan bisnis warung di Jawa Timur benar-benar diwujudkan oleh Mitra Bukalapak, penyedia platform online-to-offline (O2O) milik Bukalapak. Caranya dengan meluncurkan Mitra Mentorship Program.

Apakah itu? Dijelaskan oleh VP Mitra Operations & Commerce Becquini Akbar bahwa Mitra Mentorship Program dirancang untuk mendorong para pemilik warung dan agen individu. 

”Mereka yang tergabung di Mitra Bukalapak ini diharapkan terus berinovasi dan bertransformasi, serta mengatasi berbagai tantangan pengembangan bisnis,” bebernya. 

Melalui program ini, para Mitra Bukalapak juga bisa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang memungkinkan mereka bersaing dengan ritel modern. Hingga dapat meningkatkan pendapatan secara signifikan.

BACA JUGA: Pebisnis dan Pengusaha yang Ingin Tingkatkan Bisnis atau Usaha Anda, Pakailah 5 Tool AI Ini!

Mitra Mentorship Program mengadopsi pendekatan ”Dari Mitra, Untuk Mitra” guna memperkaya pengetahuan serta mengasah kemampuan berbisnis para Mitra Bukalapak. 

Program pendampingan secara daring itu telah dijalankan dijalankan sejak 18 Oktober hingga 10 November 2023 lalu itu diikuti oleh 50 mitra. Mereka berasal dari Surabaya, Gresik, Kediri, Lamongan, Malang, dan Blitar.
Mitra Mentorship Program mengadopsi pendekatan ”Dari Mitra, Untuk Mitra” guna memperkaya pengetahuan serta mengasah kemampuan berbisnis para Mitra Bukalapak. Tampak mentor Achmad Khuzaini, salah seorang mentor dalam program. --

Dengan sistem mentor dan mentee, mitra berpengalaman seperti Achmad Khuzaini atau yang akrab disapa Jay, berperan sebagai mentor yang aktif memberikan pendampingan berupa masukan dan tip bisnis bagi para pemilik warung lainnya secara intensif melalui forum online.

Para mentee dalam program ini berkesempatan untuk mendapatkan edukasi dari mentor terkait pengelolaan bisnis warung, mulai dari cara mewujudkan warung yang bersih, rapi, dan canggih, hingga bagaimana memasarkan barang jualan agar keuntungan meningkat.

Di akhir program, seluruh mentee diajak menjalankan misi untuk mentransformasi warungnya masing-masing dari segi tampilan, sistem pelayanan, dan lain-lain. Hasil dari transformasi ini harus ditampilkan melalui foto yang dikirimkan ke tim Mitra Bukalapak. 

Dijelaskan Becquni, untuk program di Jawa Timur, Liya Wahyuningsih asal Malang terpilih sebagai mentee dengan transformasi terbaik sehingga berhak  mendapatkan hadiah smartphone untuk menunjang bisnis dan transformasi warungnya.

BACA JUGA: Dukung Bisnis Brand Lokal dan UMKM, Shopee Jadi E-commerce Terfavorit dan Paling Banyak Dipakai Berjualan

"Pendekatan dari mitra untuk mitra seperti ini lahir dari pemahaman bahwa pemilik warung dapat belajar lebih efektif ketika diajak berbagi pengalaman dan tip oleh sesama mereka,” terangnya.

Metode ini menciptakan lingkungan belajar yang lebih terhubung. Dalam posisi tersebut, para pemilik warung dapat berbagi cerita tentang tantangan yang sama dalam berbisnis dan membagikan solusi nyata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: