Barton Cowperthwaite Didiagnosis Kanker Otak Stadium Dua

Barton Cowperthwaite Didiagnosis Kanker Otak Stadium Dua

Didiagnosis menderita kanker otak stadium dua, Barton Cowperthwaite menyebut memperkirakan bahwa ia akan menjalani operasi untuk mengangkat tumornya pada pertengahan atau akhir minggu depan. -Getty Images-

HARIAN DISWAY - Aktor dan penari balet berusia 31 tahun Barton Cowperthwaite mengungkapkan lewat akun Instagramnya bahwa ia didiagnosis menderita glioma stadium dua. Untung tumor otaknya belum menyebar ke bagian lain di tubuhnya.

Seperti dilansir Mayo Clinic, Cowperthwaite tampak membagikan foto dirinya mengenakan pakaian rumah sakit dan dua hasil scan otak yang menunjukkan posisi tumor tersebut.

Glioma adalah pertumbuhan sel yang dimulai di otak atau sumsum tulang belakang yang dapat menekan jaringan otak atau sumsum tulang belakang. Itu menyebabkan gejala seiring pertumbuhannya.

BACA JUGA:Awas! 90 Persen Pasien Kanker Payudara Tidak Merasa Sakit, Gerakan SaDaRi jadi Makin Krusial

Ada berbagai jenis glioma. Beberapa di antaranya tumbuh lambat dan tidak dianggap bersifat kanker. Sementara jenis lainnya bersifat ganas.

Tumbuh dengan cepat dan dapat menyerang jaringan otak yang sehat. “Satu-satunya pengobatan untuk penyakit seperti ini adalah operasi otak,” kata Cowperthwaite.

“Para dokter sejauh ini yakin bahwa mereka akan mampu mengangkat sebagian besar tumornya, dan setelah operasi yang sukses, serta beberapa rehabilitasi, sepertinya pemindaian dan pemeriksaan akan menjadi bagian dari sisa hidup saya," tambahnya.

Cowperthwaite menyebut memperkirakan bahwa ia akan menjalani operasi untuk mengangkat tumornya pada pertengahan atau akhir minggu depan.

Ia menyimpulkan, "Saya akan melakukan yang terbaik untuk terbuka tentang perjalanan saya di sini. Saya berencana untuk bangkit kembali sepenuhnya untuk menjadi lebih baik. Saya akan melakukan yang terbaik untuk tetap terhubung dengan orang lain."

Dalam video yang diunggah di media sosial pada Sabtu, 11 November 2023 lalu, Cowperthwaite berterima kasih kepada para penggemarnya atas dukungan mereka, dan menjelaskan bagaimana tumor itu ditemukan.

“Saya, selama delapan minggu terakhir, mengalami beberapa kali kejang, yang terakhir membuat saya harus dirawat di UGD,” katanya.

“Mereka melakukan pemindaian CAT, dan menemukan kelainan. Sejak saat itu, tim medis mengirim saya ke fasilitas lain untuk melakukan pencitraan lebih lanjut,” tambahnya.

Cowperthwaite kemudian menjalani MRI dan hasilnya ditemukan glioma seukuran lemon di lobus frontal kanan otaknya. “Syukurlah hal ini tidak menjadi masalah. Mereka bisa memulangkan saya,” katanya.

BACA JUGA: Pengaruh Rokok bagi Gigi dan Mulut: Mulai Kanker Mulut hingga Bibir Bengkak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: