Menhub: Sarana dan Prasarana Transportasi Siap Antisipasi Lonjakan Libur Nataru

Menhub: Sarana dan Prasarana Transportasi Siap Antisipasi Lonjakan Libur Nataru

Menhub Budi Karya Sumadi pastikan sarana dan prasarana transportasi siap mendukung lonjakan penumpang saat libur Nataru 2023-2024-BKIP Kemenhub-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Kementerian Perhubungan (kemenhub) memastikan telah menyiapkan sarana dan prasarana transportasi untuk mengantisipasi melonjaknya pergerakan masyarakat di masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 - 2024.

Pada tahun ini, diprediksi potensi pergerakan masyarakat di masa libur Nataru mencapai 107,63 juta orang atau 39,83 persen dari total populasi nasional. 

Jumlah ini meningkat 143,65 persen dibandingkan tahun lalu yang prediksinya mencapai 44,17 juta orang.

“Kami memastikan sarana dan prasarana transportasi baik moda darat, laut, udara dan kereta api, telah siap melayani lonjakan pergerakan masyarakat dengan selamat, aman dan lancar,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI Selasa, 21 November 2023. 


Penumpang berjalan di garbarata keberangkatan Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Kemenhub memperkirakan total 107 juta orang bergerak pada masa libur Natarubu orang -Kemenhub-

BACA JUGA:Pergerakan Penumpang Pada Libur Nataru Diperkirakan Tembus 107 Juta Orang, Mayoritas Menuju Jawa Timur

Rapat tersebut mengambil tema bahasan utama yakni “Kesiapan Infrastruktur Transportasi dalam Penyelenggaraan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024”. 

Menhub memaparkan, sarana dan prasarana angkutan telah disiapkan di 5 moda utama. Yakni Jalan, Penyeberangan, Laut, Udara, dan Kereta Api. 

Untuk transportasi jalan, telah disiapkan sebanyak 46.686 unit bus yang terdiri dari AKAP, AKDP dan didukung armada Pariwisata. Sementara prasarana meliputi total 113 terminal

Kemudian untuk transportasi penyeberangan, disiapkan sebanyak 206 unit kapal, 11 Lintas Pelabuhan Penyeberangan, 41 dermaga moveable bridge, 3 dermaga ponton, dan 16 dermaga plengsengan.

BACA JUGA:Jelang Nataru, Satgas Pangan Polres Malang Pantau Pasar

Selanjutnya, untuk transportasi laut, disiapkan sebanyak 1.345 unit kapal dan 110 Pelabuhan Laut. 

Sementara untuk moda transportasi udara, disiapkan sebanyak 444 unit pesawat dan 51 Bandar Udara. Lalu untuk transportasi kereta api, disiapkan sebanyak 1.738 unit kereta api serta prasarana 9 Daerah Operasi (Daops) dan 4 Divisi Regional (Divre).


Penumpang melakukan aktivitas di Terminal II Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kemenhub memperkirakan 107 orang mobilisasi penumpang pada masa libur Nataru tahun 2023-2024-Kemenhub-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: