Prabowo Diberikan Darjah Utama Bakti Cemerlang oleh Singapura, Mengapa?

Prabowo Diberikan Darjah Utama Bakti Cemerlang oleh Singapura, Mengapa?

Prabowo Subianto Terima Penghargaan Militer Tertinggi dari Pemerintah Singapura-Screenshot/mindef-

HARIAN DISWAY, Singapura – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendapat penghargaan dari pemerintah Singapura. Prabowo diberikan penghargaan secara langsung oleh Presiden Singapura Tharman Sanmugaratnam.

Penghargaan yang diberikan oleh Presiden Singapura ke Prabowo berupa Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera). Apa syarat seseorang dapat menerima penghargaan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini:

Darjah Utama Bakti Cemerlang merupakan penghargaan militer tertinggi dari pemerintah Singapura.

BACA JUGA:Muhammadiyah Siap Uji Publik Prabowo-Gibran, Berikut Daftar Lima Panelis dari Lima Bidang

Penghargaan itu diberikan kepada tentara Singapura yang jasanya luar biasa bagi negara maupun orang di luar tentara Singapura yang sudah berjasa. Khususnya dalam kerja sama militer Singapura.

Perintah layanan terhormat yang disebut juga dengan Darjah Utama Bakti Cemerlang itu sudah dilembagakan sejak 1968.

Perintah tersebut diberikan kepada siapa pun yang sudah melakukan tindakan atau rangkaian tindakan di Singapura yang dianggap sebagai perilaku terhormat.


Prabowo diberikan Darjah Utama Bakti Cemerlang oleh Singapura. Penghargaan dari Singapura tersebut atas kontribusi luar biasa Prabowo selama menjadi menteri pertahanan RI. Sumber foto dari instagram @prabowo.

BACA JUGA:TKN Prabowo-Gibran Ungkap Beberapa Program yang Akan Meningkatkan Ekonomi RI hingga 7 Persen

Bagian sisi depan lencana Tata Pelayanan Terhormat Darjah Utama Bakti Cemerlang terdiri atas lingkaran dari enamel perunggu yang ditekan pada 4 titik berlawanan.

Selain itu, tulisan Darjah Utama Bakti Cemerlang disertai huruf emas. Lalu, ada karangan bunga dengan enamel hijau mengelilingi lingkaran.

Di tengah lingkaran terdapat perisai merah dengan latar belakang enamel putih yang bertulisan bulan sabit dan lima bintang dengan gulungan di bawahnya yang bertuliskan Majulah Singapura.

BACA JUGA:Prabowo Kunjungi Luhut di Singapura, Kondisi Mulai Membaik

Di sisi sebaliknya, ada gambar lambang negara Singapura. Lencana Tata Pelayanan Terhormat Darjah Utama Bakti Cemerlang dikenakan hiasan leher dari pita, terdiri dari pita tengah berwarna merah yang tiap sisinya diapit oleh garis putih bergaris sempit dan diikuti dengan pita merah dan pita putih.

Sebelumnya, Prabowo tiba di Istana Kepresidenan Singapura pada Selasa, 21 November 2023, pukul 12.30 WIB.

Penghargaan itu didapat karena Prabowo dinilai telah memberikan kontribusi yang besar. Khususnya dalam meningkatkan hubungan pertahanan antara Indonesia dan Singapura.

BACA JUGA:TKN Prabowo-Gibran Yakin Susi Pudjiastuti Segera Merapat

Selain itu, Prabowo sangat berjasa dalam hubungan kerja sama TNI dengan militer Singapura.

“Sebagai Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyatakan bahwa perjanjian kerja sama pertahanan kedua negara telah diratifikasi. Hal itu merupakan tonggak penting, khususnya dalam hubungan bilateral. Selain, memperkuat hubungan pertahanan strategis kedua negara, perjanjian kerja sama akan semakin mempererat antara TNI dan militer Singapura,” jelas salah seorang perwakilan pemerintah Singapura dalam pembacaan penganugerahan. (*)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: