Mobil Pejabat Pemerintah Akan Jadi Percobaan MLFF

Mobil Pejabat Pemerintah Akan Jadi Percobaan MLFF

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau proses simulasi uji coba teknologi MLFF di Jalan Tol Bali Mandara, Rabu, 22 November 2023-Kementerian PUPR-

BALI, HARIAN DISWAY - Uji coba sistem pembayaran jalan tol nir sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan mulai dilakukan pada Desember 2023. 

Uji coba tersebut akan dilakukan di beberapa titik di Jalan Tol Bali-Mandara.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan pihaknya terus melakukan simulasi uji coba yang dimulai sejak Minggu ke-2 November 2023. 


Jalan Tol Bali Mandara akan menjadi ruas pertama yang akan mengadopsi teknologi transaksi pembayaran nir sentuh (MLFF) pada Desember 2023-Kementerian PUPR-

Simulasi ini untuk menguji kesiapan alat dan akan terus disempurnakan, “Direncanakan mulai 12 Desember 2023 hingga Januari 2024,” kata Triono. 

BACA JUGA:Uji Coba Desember, PUPR Mulai Simulasi MLFF di Bali

Pada tahap awal, uji coba akan diterapkan secara terbatas khususnya bagi kendaraan pegawai pemerintah. 

Triono menjelaskan, uji coba transisi MLFF pada tahap awal hanya akan diberlakukan di lajur 4 Gerbang Tol Ngurah Rai. 

“Baru akan mulai diterapkan pada seluruh lajur gerbang tol pada Maret 2024,” jelasnya. 

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, proses transisi penerapan MLFF diharapkan dapat berjalan dengan cepat. "Makin cepat makin bagus tapi harus kita evaluasi simulasi pelaksanaannya,” papar Hedy.  


Petugas Jasa Marga jemput bola dengan mobile reader untuk mempercepat transaksi di gerbang tol untuk mengindari perlambatan-Foto : Jasa Marga-

Teknologi MLFF akan mulai menghapus pembayaran tol dengan sistem tapping. Namun pada masa-masa awal, akan diterapkan hibrid (campuran) antara metode pembayaran tapping dan nir sentuh.

Hedy menjelaskan, proses uji coba transisi MLFF secara terbatas di Jalan Tol Bali-Mandara akan dilaksanakan pada minggu kedua Desember 2023 selama sekitar dua minggu. 

BACA JUGA:Teknologi Bayar Tol Tanpa Berhenti alias MLFF Diuji Coba Desember 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: