Uji Coba Desember, PUPR Mulai Simulasi MLFF di Bali

Uji Coba Desember, PUPR Mulai Simulasi MLFF di Bali

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau simulasi penerapan MLFF di Gerbang Tol Ngurah Rai Jalan Tol Bali-Mandara pada Rabu, 22 November 2023-Kementerian PUPR-

BALI, HARIAN DISWAY - Teknologi transaksi pembayaran tol nir sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan mulai diuji coba pada Desember 2023. 

Meski demikian, sejak minggu kedua bulan November 2023, Kementerian PUPR telah melakukan serangkaian simulasi penerapan teknologi tersebut di Jalan Tol Bali-Mandara

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono turut meninjau langsung simulasi penerapan sistem transaksi tol non tunai tersentuh tersebut pada Rabu, 22 November 2023.

BACA JUGA:Teknologi Bayar Tol Tanpa Berhenti alias MLFF Diuji Coba Desember 2023

Basuki berpesan agar dalam awal penerapan MLFF, dilaksanakan sosialisasi yang cukup jelas bagi masyarakat yang ingin mencoba teknologi bayar tol tanpa henti tersebut. 

"Saya minta dibuatkan papan informasi yang jelas untuk jalur khusus uji coba penerapan MLFF sehingga masyarakat siap dari saat sebelum masuk Jalan Tol Bali-Mandara," kata Menteri Basuki. 

Arsitek jebolan Universitas Gajah Mada Yogyakarta ini mengungkapkan, uji coba MLFF ini adalah transisi, seperti halnya dulu beralih dari transaksi tunai menjadi non tunai dengan tapping e-money. 

BACA JUGA:Lonjakan Penumpang di Libur Nataru, Jalan Tol Trans Jawa Paling Terbebani

Setiap transisi kata Basuki membutuhkan waktu dan punya tantangannya sendiri.  Pasti membutuhkan waktu untuk mengubah kebiasaan masyarakat. 

“Teknologinya pasti sudah siap, tantangannya bagaimana implementasinya kepada masyarakat. Saya optimis proses ini akan berjalan lancar. Ini proses untuk lebih maju dengan memanfaatkan teknologi," kata Basuki. 

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, proses transisi penerapan MLFF diharapkan dapat berjalan dengan cepat. "Makin cepat makin bagus tapi harus kita evaluasi simulasi pelaksanaannya,” papar Hedy.  

Teknologi MLFF akan mulai menghapus pembayaran tol dengan sistem tapping. Namun pada masa-masa awal, akan diterapkan hibrid (campuran) antara metode pembayaran tapping dan nir sentuh.(*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: