Lonjakan Penumpang di Libur Nataru, Jalan Tol Trans Jawa Paling Terbebani

Lonjakan Penumpang di Libur Nataru, Jalan Tol Trans Jawa Paling Terbebani

Jalan Tol Jakarta Cikampek yang menjadi jalur utama mobilitas masyarakat antar kota di Pulau Jawa-Jasa Marga-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan lonjakan penumpang pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2023-2024 mencapai 107 juta orang. 

Jumlah ini diketahui adalah 38 persen dari populasi masyarakat Indonesia. Mereka akan bergerak selama Nataru dengan berbagai tujuan. Baik pulang kampung, maupun berwisata. 

Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub tentang potensi pergerakan masyarakat di masa libur Nataru, jalur yang diprediksi paling banyak dilalui kendaraan mobil adalah Tol Trans Jawa (31,66 persen), Tol Cipularang (19,12 persen), dan Tol Jagorawi (15 persen). 


Pergerakan penumpang di libur Nataru 2023-2024 diperkirakan akan tembus 107 juta orang-Kemenhub-

Sementara itu, para pesepeda motor tersebar di berbagai jalur alternatif pergerakan nataru dengan prosentase 35, 41 persen. Sementara sisanya terkonsentrasi di Jalur Bogor-Puncak-Cianjur (Bopunjur) sebesar 34,72 persen.

BACA JUGA:Pergerakan Penumpang Pada Libur Nataru Diperkirakan Tembus 107 Juta Orang, Mayoritas Menuju Jawa Timur

Berdasarkan paparan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat dengan Komisi V DPR RI Selasa, 21 November 2023, puncak arus mudik diprediksikan terjadi 2 (dua) periode yaitu: puncak arus Natal dan puncak arus Tahun Baru. 

Puncak arus mudik natal diprediksi terjadi pada 22 hingga 23 Desember 2023. Sementara puncak arus balik Natal terjadi pada 26 hingga 27 Desember 2023. 

Sedangkan puncak arus mudik tahun baru terjadi pada 29 sampai 30 Desember 2023. Sementara puncak arus balik tahun baru terjadi pada 1 hingga 2 Januari 2024.


Paparan Menhub di rapat Komisi V DPR RI Selasa, 21 November 2023-Kemenhub-

Untuk menyukseskan dan melancarkan pergerakan masyarakat di masa libur Nataru, Kemenhub terus mengintensifkan koordinasi dan sinergi dengan berbagai Kementerian dan Lembaga seperti, Kepolisian, Kementerian PUPR, BMKG, Badan SAR Nasional, pemerintah daerah, operator transportasi, operator jalan tol dan unsur terkait lainnya. 

“Kami juga bersama-sama menyosialisasikan kebijakan dan imbauan secara masif baik di media massa maupun media sosial,” kata Menhub Budi Karya Sumadi. 

BACA JUGA:Menhub: Sarana dan Prasarana Transportasi Siap Antisipasi Lonjakan Libur Nataru

Kemenhub juga akan membuat Posko Angkutan Natal 2023 dan Tahun baru 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 19 Desember 2023 sampai dengan 3 Januari 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: