Analisis LSJ: Prabowo-Gibran Unggul di Jatim dengan Dukungan SBY, Airlangga, dan Soekarwo

Analisis LSJ: Prabowo-Gibran Unggul di Jatim dengan Dukungan SBY, Airlangga, dan Soekarwo

CALON PRESIDEN nomor urut 2 Prabowo Subianto bersama para kiai di Pondok Pesantren Langitan, Tuban, Minggu, 16 November 2023.-Tim Prabowo Subianto-

HARIAN DISWAY - Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diprediksi bakal menang di Jawa Timur

Banyaknya tokoh penting yang memberikan dukungan pada pasangan capres-cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Jatim. Terutama para kiai dan pimpinan ponpes dan berbagai tokoh nasional.

Dengan dukungan yang kuat ini, Prabowo-Gibran memiliki peluang besar untuk memenangkan suara di Jawa Timur pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Menurut peneliti Lembaga Survei Jakarta (LSJ), Fetra Ardianto, kemungkinan kemenangan pasangan Prabowo-Gibran di Jawa Timur sangat tinggi, mengukuhkan posisi mereka sebagai pemegang persentase kemenangan pada Pilpres 2024.

"Besar kemungkinan bahwa pasangan Prabowo-Gibran dapat memenangkan suara di Jawa Timur," kata Fetra.

Fetra juga mengidentifikasi tokoh-tokoh berpengaruh seperti Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Mantan Gubernur Jatim Soekarwo sebagai beberapa dari banyak tokoh yang mendukung Prabowo di Jawa Timur.

Keberpihakan tokoh-tokoh ini, yang memiliki basis pengikut yang besar di Jawa Timur, dapat menjadi faktor penting dalam mempengaruhi pemilih untuk memilih Prabowo-Gibran.

BACA JUGA:Aktivis 98 Dukung Prabowo-Gibran dan Tepis Masalah Neo Orde Baru

BACA JUGA:Optimis Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran, Sachrudin Pastikan Kampanye di Tangerang Damai

Dengan demikian, pasangan ini semakin potensial untuk memenangkan persaingan di wilayah tersebut.

"Tokoh-tokoh berpengaruh di koalisi Prabowo-Gibran memiliki dampak besar di beberapa daerah di Jatim seperti SBY, Airlangga, dan sebagainya," ungkap Fetra.

Selain itu, keuntungan tambahan bagi Prabowo-Gibran datang dari dukungan simpatisan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang cenderung mendukung pasangan tersebut.

Basis yang kuat yang dimiliki Jokowi di Jawa Timur menjadi faktor utama yang memberikan keuntungan besar bagi Prabowo-Gibran, sebagaimana terlihat pada dua Pilpres sebelumnya di mana Jokowi mendominasi suara di wilayah tersebut.

Selain faktor politik, dukungan yang diterima Prabowo-Gibran dari para kiai dan ulama terkemuka di Jawa Timur juga menjadi keunggulan strategis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: