Rekomendasi 5 Obat Alami untuk Meredakan Flu pada Ibu Hamil

Rekomendasi 5 Obat Alami untuk Meredakan Flu pada Ibu Hamil

Ini dia obat alami untuk atasi gejala flu pada ibu hamil-iStock-

HARIAN DISWAY – Batuk dan flu biasanya dianggap sebagai penyakiit ringan yang dapat sembuh dengan minum obat yang mudah ditemukan di apotek terdekat. Namun pada ibu hamil, seringakali rentan terhadap obat-obatan kimia kerana dapat mengakibatkan efek samping bagi kesehatan ibu maupaun bayi. 

Oleh karena itu, pemberian obat pada ibu hamil tidak boleh sembarangan tanpa resep dokter. Solusi yang paling aman untuk mengobati sakit ringan seperti batuk dan dan flu adalah dengan mengonsumsi bahan-bahan alami. Berikut obat-obatan alami yang dapat menjadi alternative untuk menyembuhkan gejala flu pada ibu hamil.

1. Madu 

Madu memiliki sifat antimikroba, antioksidan, dan antiradang yang dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan infeksi penyebab pilek.

Madu dapat menjadi alternative bagi bunda yang sedang hamil untuk menyembuhkan gejala flu yang meradang. Bisa diminum secara langsung ataupun dicampur dengan air hangat.

2. Lemon

Lemon memilki kandungan vitamin C yag dapat membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Bunda bisa mencampurkan lemon dengan air hangat, kemudian tambahkan satu sendok makan madu dan sedikit garam. Aduk hingga rata, lalu siap untuk diminum.

BACA JUGA: 7 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, Dari Cegah Pikun Sampai Antikanker

3. Bawang Putih

Obat flu lainnya yaitu bawang putih. Bawang putih memiliki senyawa allicin yang dapat berfunsi sebagai anti bakteri. Selain itu bawang putih juga mengandung vitamin C yang bisa membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Bawang putih bisa saja dikonsumsi secara mentah, namun bunda di rumah bisa saja mengkonsumsinya dengan mencampurkan pada olahan makan agar rasa khas pada bawang putih tidak terlalu terasa.

4. Gingseng 

Gingseng memiliki banyak nutrisi seperti energy, zat besi, kalsium dan magnesium. Oleh karena itu, gingseng dapat dijadikan sebagai alternative untuk melawan infeksi bakteri selama kehamilan. 

Gingseng diketahui cukup efektif untuk mempercepat proses pemulihan karena kandungan yang ada di dalamya sehingga bisa lebih efektif dalam melawan virus/bakteri penyebab penyakit. Gingseng dapat dikonsumsi dalam bentuk bubuk kering lalu dicampurkan ke dalam makanan atau minuman. Bisa juga direbus dengan campuran obat alami lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber