Luncurkan Lima Produk Inovasi, ASSIE Unair 2023 Diikuti 50 Peserta Start-Up

Luncurkan Lima Produk Inovasi, ASSIE Unair 2023 Diikuti 50 Peserta Start-Up

Agus Mukhlisin, Dosen FTMM UNAIR, dan Muhammad Miftahussurur, Wakil Rektor UNAIR, menunjukkan sepeda motor listrik FTMM pada Airlangga Startup Summit Innovation Expo 2023 pada Jumat, 1 Desember 2023 di Atrium Grand City Mall.-Boy Slamet-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Bentuknya bulat. Cukup elastis. Warnanya coklat krem. Mirip seperti kulit manusia. Ya, itu adalah manekin 3D Printing perut ibu hamil tang menarik perhatian. Bahannya terbuat dari kombinasi latex dan silikon.

“Ini sedang kami proses patenkan,” ujar Prof Eighty Mardiyan Kurniawati, Guru Besar Uroginekologi Rekonstruksi Universitas Airlangga

Awalnya, dia membuat manekin tersebut untuk para mahasiswa kedokteran yang tengah menempuh Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS).

Tepatnya saat pandemi Covid-19 lalu. Prof Eighty gelisah. Lantaran mahasiswa PPDS tidak bisa praktik ‘normal’ di rumah sakit. Mereka terganjal protokol kesehatan. Tak boleh bersentuhan langsung dengan para pasien.

BACA JUGA:TEDx Unair Hadirkan Bayu Skak dan Asisi Suhariyanto, Bicara Soal Passion dan Pride

BACA JUGA:Studi Lapangan di Desa Margomulyo, Unair dan Disperpusip Jatim Gali Potensi Wisata Samin

Dia dan para dosen lainnya pun kehilangan momen mengajarkan teknik bedah sesar. Akhirnya, tercetuslah ide brilian itu. Membuat manekin bedah sesar dengan bahan yang nyaris mirip dengan struktur kulit manusia.

Manekin itu pun disusun berlapis-lapis seperti kulit manusia. Mulai lemak, fascia, otot, dan lain sebagainya. Ini supaya para mahasiswa merasakan teknik bedah yang nyaris menyerupai aslinya.

“Saat membedah maupun menjahit bisa dirasakan mirip yang aslinya,” ujar Prof Eighty. Nanti, manekin itu akan dikembangkan lagi. Inovasi ini menjadi satu-satunya di Indonesia.

Biaya produksinya lumayan. Bisa tembus Rp 60 juta hingga Rp 80 juta. Di luar negeri, katanya, bisa dijual Rp 1 miliar. Prof Eighty berencana mengajukan proyek ini ke Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti).

BACA JUGA:Kembangkan Destinasi Madakaripura, Pengmas Unair Ajari Warga Negororejo Mengolah Produk Susu sampai Bikin E-Brochure


Suasana tour booth Airlangga Startup Summit Innovation Expo 2023 pada Jumat, 1 Desember 2023 di Atrium Grand City Mall.-Boy Slamet-

Produk inovasi itu diluncurkan dan dipamerkan pada pembukaan Airlangga Startup Summit Innovation Expo (ASSIE) 2023 di Atrium Grand City Mall Surabaya, Jumat, 1 Desember 2023. Bersama empat produk lainnya yang juga dipamerkan.

Salah satu yang menarik yakni Airlangga Bilirubin Nesting (Airbilinest) MKA 01 karya Prof Mahendra Tri Arif Sampurna. Ini produk inovasi untuk para bayi yang didiagnosis penyakit kuning (bilirubin). “Terapinya pakai selimut portable. Kalau biasanya kan pakai boks dan cukup repot,” ujar CEO Airbilinest Reza Ashari di lokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: