Pusat Halal Unair Bantu 4.563 UMKM Sertifikasi Produk

Pusat Halal Unair Bantu  4.563 UMKM Sertifikasi Produk

Terdapat puluhan stand makanan dan minuman yang ada di sekitar convention center Unair Surabaya.-Alhamdy Denny Candra-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pusat Halal Universitas Airlangga menyelenggarakan Festival Halal Airlangga, 6 Desember 2023. Acara digelar di Airlangga Convention Center itu mengambil tagline “Emang Boleh Se-Halal Itu?”. 

Dengan tema “Menyinergikan Peluang dan Potensi, Menuju Usaha Mikro Kecil Naik Kelas”. Ada seminar dengan pemateri dari pakar ekonomi dan keuangan syariah nasional, BPJH Kemenag RI, dan Mentor Bisnis.

Ada sekitar 800 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memadati gedung Convention Center Unair. Mereka datang dari Surabaya dan beberapa daerah di Jawa Timur. Sebagian besar peserta adalah pejuang sertifikasi halal yang sedang mengajukan pengesahan halal produk UMKMnya melalui Pusat Halal Unair.

“Saat kegiatan serupa kami lakukan pada 5 Oktober kemarin, banyak pelaku UMKM yang tidak terakomodir. Acara hari ini merupakan respons dari masukan bapak ibu. Ketika itu kami mengundang 150 tapi yang hadir 300. Yang tidak hadir waktu itu protes dan minta diadakan lagi. Dan Alhamdulilah pada kali ini kami buka lebih luas lagi. Sehingga yang bisa mengikuti sampai 800 peserta,” kata Ketua Pusat Halal Unair Abdul Rahem, dalam sambutannya.


800 pelaku UMKM memadati gedung Convention Center Unair. -Boy Slamet-

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih SE, MT, Ak, menyampaikan bahwa Unair membuka pintu selebar-lebarnya bagi pelaku UMKM yang ingin mendapatkan sertifikat halal melalui Pusat Halal Unair. Hingga kini Unair sudah membantu menerbitkan 4.563 sertifikat halal.

“Kami juga punya PR besar. Tidak hanya memberikan stempel halal bagi UMKM, tapi juga bagaimana mereka  bisa meningkatkan omset penjualan. Maka kita dorong melalui edukasi manfaat memiliki sertifikat halal. Itu langkah awal kita, dan nanti akan kita dorong agar mereka bisa naik kelas dari mikro menjadi menengah,” terang M Nasih.


Suasana pembagian makan gratis pada acara Festival Halal Airlangga, Rabu, 6 Desember 2023.-Alhamdy Denny Candra-

Unair memiliki lebih dari 600 pendamping yang siap mendampingi proses sertifikasi halal bagi produk-produk UMKM. Selain itu, ada laboratorium yang sudah bersertifikasi untuk pemeriksaan halal.

Selain seminar, di halaman gedung Convention Center Unair juga ada bazar produk-produk UMKM. Ada 118 stand dari berbagai macam produk dan pengusaha yang menjajakan usahnya di sana. Sebagian besar adalah produk makanan.

Silvia Van Ros Susianti, salah satu peserta mengakui, dengan sertifikat halal omset penjualannya bisa meningkat hingga 100 persen. Kini, produk sambal panggang yang diberi merk sambal D’Sus mencapai 18 juta per bulan.

“Saya memulai usaha sejak 2018. Baru dapat sertifikat halal di awal 2023. Sejak itu penjualan terus meningkat. Sehari saya produksi 200 pcs,” aku Susianti. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: