Gempa Dangkal di Jawa Barat Picu Kerusakan di Bogor dan Sukabumi

Gempa Dangkal di Jawa Barat Picu Kerusakan di  Bogor dan Sukabumi

Petugas BPBD Kota Bogor menginspeksi kerusakan rumah warga akibat Gempa M=4,0 di Kota Bogor dan Sukabumi-BNPB-

JAKARTA, HARIAN DISWAY Gempa magnitudo M=4,0 mengguncang Kota Bogor dan Sukabumi pada Jumat, 8 Desember 2023 dinihari. 

Laporan BMKG menyebutkan bahwa pusat gempa berada di darat pada koordinat 6.73 LS 106.61 BT. 25 Kilometer di Barat Daya Kota Bogor dengan kedalaman 5 km. 

Gempa tersebut berdampak hingga beberapa wilayah sekitar Kota Bogor, yaitu Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi. Belum ada laporan adanya korban meninggal dunia akibat peristiwa ini.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan pada Sabtu, 9 Desember 2023 pukul 07.00 WIB melaporkan bahwa guncangan gempa dirasakan di Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. 


Gempa memicu longsoran di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor pada Sabtu pagi, 9 Desember 2023-BNPB-

BACA JUGA:Hujan Air Bercampur Debu Pasca Erupsi Merapi, Tim BPBD Boyolali dan Magelang Turun ke Lapangan Pantau Kondisi Warga

Guncangan menyebabkan 144 kepala keluarga (KK) atau sekitar 249 warga terdampak dan 11 KK atau 44 warga mengungsi ke tempat lebih aman seperti tenda yang disiapkan BPBD dan di depan rumah masing-masing. 

Tercatat 3 unit rumah alami rusak berat, 18 unit rumah rusak sedang dan 52 unit rumah rusak ringan. 

Selain itu terjadi kerusakan pada 1 unit masjid, 2 unit mushola, 1 unit Sekolah Dasar, 1 unit PAUD dan 1 unit fasilitas MCK juga terdampak.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor telah berada di lokasi terdampak untuk melakukan pendataan, menganalisa kejadian, mendirikan tenda pengungsi dan berkoordinasi dengan pihak setempat dalam rangka penanganan lebih lanjut. 

BPBD hingga kini masih berada di lokasi untuk melakukan kaji cepat.

BACA JUGA:Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas Guguran, Hujan Air Disertai Abu Vulkanik Terjadi di Boyolali dan Magelang

Sementara itu di Kabupaten Sukabumi, gempa menyebabkan kerusakan di wilayah Kecamatan Kabandungan. Sebanyak 11 unit rumah alami rusak berat, 36 unit rumah alami rusak sedang dan 58 unit rumah alami kerusakan ringan. 

Dilaporkan sebanyak 9 KK memilih mengungsi ke rumah kerabat untuk sementara waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: