Amerika Serikat Veto Resolusi Gencatan Senjata Dewan Keamanan PBB di Gaza

Amerika Serikat Veto Resolusi Gencatan Senjata Dewan Keamanan PBB di Gaza

Amerika Serikat menggunakan hak veto dalam DK PBB untuk membatalkan pengesahan resolusi gencatan senjata di Gaza pada Jumat, 8 Desember 2023. -Al Jazeera-

"Jika Anda menentang penghancuran dan pemindahan rakyat Palestina, Anda harus menentang perang ini. Dan jika Anda mendukungnya maka Anda memungkinkan penghancuran dan pemindahan ini terlepas dari niat Anda. Setiap orang dari mereka adalah suci, layak diselamatkan," kata Mansour.

BACA JUGA:Keretakan Serius Hubungan Israel dan PBB Selama Perang Hamas-Israel

Selanjutnya, Hamas mengutuk keras veto Amerika Serikat dengan menganggap langkah Washington "tidak etis dan tidak manusiawi".

"Obstruksi AS terhadap penerbitan resolusi gencatan senjata adalah partisipasi langsung dengan pendudukan dalam membunuh rakyat kami dan melakukan lebih banyak pembantaian dan pembersihan etnis," Izzat al-Risheq, anggota biro politik Hamas, dilansir dari Al Jazeera.

Cina sebagai salah satu anggota DK PBB yang memiliki hak veto selain Amerika Serikat mengatakan kepada dewan bahwa Amerika telah berlaku standar ganda atas konflik di Gaza.

BACA JUGA:Pos Militer Israel Meledak Diserang Hizbullah, Perbatasan Utara Israel Kembali Memanas

"Memaafkan kelanjutan pertempuran sambil mengklaim peduli dengan kehidupan dan keselamatan orang-orang di Gaza bertentangan dengan diri sendiri. Memaafkan kelanjutan pertempuran sambil mengadvokasi pencegahan efek limpahan dari konflik adalah menipu diri sendiri,” kata Perwakilan Tetap Cina untuk PBB Zhang Jun.

“Memaafkan kelanjutan perjuangan sambil membuat referensi untuk perlindungan perempuan dan anak-anak dan hak asasi manusia adalah munafik. Semua ini sekali lagi menunjukkan kepada kita apa itu standar ganda," ungkap Zhang Jun.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber