Survei Indikator: Prabowo-Gibran Ungguli Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Survei Indikator: Prabowo-Gibran Ungguli Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Prabowo Subianto saat menyapa para pendukung di Ultah PSI Stadion Jatidiri Semarang, Sabtu, 9 Desember -TKN Prabowo Gibran-

HARIAN DISWAY - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil simulasi Head to Head pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada kontestasi Pilpres 2024. 

Survei tersebut dilakukan secara ratap muka pada 23 November hingga 1 Desember 2023 terhadap 5.380 responden. 

Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling. Adapun margin of error pada survei kali ini adalah  ±2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasilnya, pasangan Prabowo-Gibran lebih unggul dari Anies-Muhaimin serta Ganjar-Mahfud.

Bahkan, pada saat simulasi Head to Head Prabowo-Gibran melawan Ganjar-Mahfud, lagi-lagi pasangan calon yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu melesat tajam. 

BACA JUGA:Gibran Sebut Pemilih Bimbang Telah Capai 28,7% Berdasarkan Survei Litbang Kompas

BACA JUGA:TKN Prabowo - Gibran Punya Program Bersih-bersih Rumah Ibadah Hingga Pemeriksaan Kesehatan Gratis

“Keunggulan Prabowo-Gibran melawan Ganjar-Mahfud makin tajam dalam berbagai simulasi. Ganjar-Mahfud alami indikasi penurunan sangat tajam, sementara Anies-Muhaimin turun stabil,” tutur Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi.

Burhanuddin mengatakan penurunan elektabilitas Ganjar-Mahfud terjadi karena basis pendukung Ganjar lebih memilih Prabowo-Gibran.

“Prabowo unggul melawan Anies, dari data kita dapatkan informasi pendukung Mas Ganjar sebagian besar cenderung lari ke Pak Prabowo ketimbang Anies,” ujar Burhanuddin dalam rilis survei ‘Dinamika Elektoral di Awal Masa Kampanye’, pada Sabtu, 9 Desember 2023.

Selain itu, dalam paparan data yang diungkapkan oleh Burhanuddin, elektabilitas Prabowo-Gibran capai sebesar 56,3% sementara Ganjar-Mahfud 29,0%.

BACA JUGA:Survei Indikator: Pasangan Prabowo-Gibran Unggul Signifikan, Raih Suara 45,8 persen dalam Simulasi 3 Pasangan

BACA JUGA:Jelang Debat KPU, TKN Prabowo-Gibran Kumpulkan Aktivis 98

“Keunggulan Prabowo-Gibran melawan Ganjar-Mahfud makin tajam dalam berbagai simulasi. Ganjar-Mahfud alami indikasi penurunan sangat tajam, sementara Anies-Muhaimin turun stabil,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: