DHS Desak Alejndro Mayorkas Beri Status Perlindungan Sementara bagi Warga Palestina di AS

DHS Desak Alejndro Mayorkas Beri Status Perlindungan Sementara bagi Warga Palestina di AS

Senator Amerika Serikat Dick Durbin saat menyampaikan pesan terkait pendanaan untuk Ukraina pada Kamis, 9 November 2023. Dia juga mendesak Presiden Joe Biden untuk memberikan TPS bagi warga Palestina di Amerika Serikat pada Rabu, 8 November 2023. -@SenatorDurbin-X (Twitter)

“Mengingat konflik bersenjata yang sedang berlangsung, warga Palestina yang sudah berada di Amerika Serikat tidak boleh dipaksa untuk kembali ke wilayah Palestina, sesuai dengan komitmen Presiden Biden untuk melindungi warga sipil Palestina,” kata para anggota parlemen.

“Kami mendesak pemerintahan Anda untuk menetapkan wilayah Palestina untuk TPS bagi warga Palestina di Amerika Serikat tanpa penundaan,” imbuhnya.

BACA JUGA: Sah! Akhirnya PBB Berhasil Cetuskan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza meski AS Menolak

Namun, salah satu pejabat DHS mengatakan bahwa tindakan pemberian TPS tampaknya tidak mungkin terjadi. "Ada banyak hambatan sistemik dan program serius yang murni didorong oleh politik," kata pejabat itu yang tidak ingin disebutkan identitasnya, saat berbicara dengan Al Jazeera.

Salah satu permasalahannya adalah Amerika Serikat tidak mengakui Palestina sebagai negara asing sehingga mereka ragu memberikan TPS bagi warga Palestina di Amerika Serikat.

"Kami tidak mengakui Palestina sebagai sebuah negara. Kami tidak mengkodekannya dengan itu," kata pejabat DHS. “Dan hal ini terjadi di bidang Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan, ICE dan USCIS. Ada saja kendala yang muncul di tingkat tertinggi dari lembaga-lembaga tersebut,” jelasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber