Ganjar akan Terus Bertemu Rakyat, Tidak Ambil Pusing Hasil Survei

Ganjar akan Terus Bertemu Rakyat, Tidak Ambil Pusing Hasil Survei

Ganjar Pranowo ajak Inkindo berkontribusi: Berjuang Bersama Mewujudkan Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen.-TPN Ganjar-Mahfud MD-

Lembaga-lembaga survei ini, kemudian dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Misalnya, dalam menentukan arah politik yang akan diambil negara dan mengamati dinamika politik.  

Di sisi lain, Ikrar mengkhawatirkan hasil-hasil survei ini dapat dimanfaatkan sebagai dasar jika salah satu paslon menggugat kekalahannya ke Mahkamah Konstitusi (MK), pada Pilpres nanti. 

“Penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pemilih. Memang pengumpulan informasi dan evaluasi calon dapat menjadi salah satu faktor kunci dalam proses pengambilan keputusan,” ujar mantan Duta Besar RI untuk Tunisia ini. 

Selain itu, Ikrar menjelaskan bahwa keputusan pemilih juga dapat dipengaruhi isu-isu sosial dan ekonomi. Salah satunya angka kemiskinan yang tinggi, ketimpangan sosial dan pembagian BLT yang tinggi saat ini.

“Saya masih percaya pada hasil survei Litbang Kompas, tapi yang saya pertanyakan, apakah responden menjawab pertanyaan secara utuh?" tanyanya.

Sebab menurut Ikrar, dengan angka kemiskinan semakin tinggi dibarengi dengan pembagian BLT tinggi, pembagian sembilan bahan pokok ke daerah-daerah juga tinggi.

"Menurut saya bukan mustahil daerah yang disurvei sudah kena dropping barang dari atas sehingga mempengaruhi pilihan orang di daerah tersebut”, kata Ikrar.

Dalam pandangan Ikrar, situasi demokrasi dan pemahaman yang baik tentang preferensi pemilih akan membangun pemahaman yang lebih mendalam tentang arah politik yang kemungkinan diambil pemerintah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: