Groundbreaking Tahap III IKN Selesai, 10 Proyek Lagi Mulai Januari 2024

Groundbreaking Tahap III IKN Selesai, 10 Proyek Lagi Mulai Januari 2024

Presiden Joko Widodo menekan tombol dimulainya pembangunan Ibu Kota Nusantara IKN) Tahap III, Rabu, 20 Desember 2023.--

PENAJAM PASER TIMUR, HARIAN DISWAY - Pembangunan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dikebut. Peletakan batu pertama (groundbreaking) tahap ketiga selesai, kemarin. Yakni proyek Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Hingga kini sudah tujuh RS yang tengah dibangun. Presiden Joko Widodo berharap kehadiran RS-RS ini akan membuat masyarakat lebih memprioritaskan proses berobat di dalam negeri. 

“Saya nggak tahu di Ibu Kota Nusantara ini kok berbondong-bondong orang mendirikan RS. Ini mestinya kalau sudah jadi semuanya tidak ada lagi masyarakat kita yang pergi ke Malaysia, Singapura, Jepang, ke Amerika Serikat untuk kesehatannya,” tandas Jokowi saat membuka acara groundbreaking, Rabu, 20 Desember 2023.

Jokowi memerinci terdapat tiga RS swasta yang dibangun sejak Oktober. Kemudian tiga lagi seperti RS Hermina, RS Abdi Waluyo, hingga RS Mayapada pada November. Ia memastikan pembangunan RS di IKN tidak akan berhenti di RSUP. Sebab, sudah ada tiga RS swasta lainnya mengantre.

BACA JUGA:PBB Pastikan Proyek IKN Sudah SDGs Groundbreaking Tahap III Mulai Besok

BACA JUGA:Beri Kuliah Umum di Stanford University, Jokowi Ajak Mahasiswa Riset ke IKN

Konsentrasi RSUP akan mengedepankan pengobatan untuk penyakit jantung dan stroke. Seharusnya, kata Jokowi, pengobatan untuk dua penyakit tersebut akan bisa diatasi dengan baik. Mengingat IKN mengedepankan konsep kota hijau yang diharapkan mendukung proses penyembuhan pasien. 

“Sehingga hari ini kita juga akan melakukan penghutanan kembali, reforestasi, melakukan penghijauan penananaman pohon endemik,” ujarnya. Sekali lagi, imbuh Jokowi agar kawasan di Ibu Kota Nusantara ini menjadi sebuah kawasan yang sangat hijau. Yang bahkan di negara manapun tidak dijumpai ibu kota yang sehijau Nusantara.

Jokowi pun memastikan groundbreaking proyek di Nusantara tidak akan berhenti pada tahun ini. Pada Januari 2024 nanti direncanakan menyusul groundbreaking lebih dari 10 proyek. Perkembangan bakal terus dipantau.

Yang paling penting, katanya, ada progresnya. Ada perkembangan setiap bulan. Seperti Hotel Nusantara yang sudah selesai 34 persen. Agustus 2024 diperkirakan sudah bisa beroperasi.


Presiden Joko Widodo dalam peletakan batu pertama tahap III di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu, 20 Desember 2023.--

Selain itu, Jokowi menyebut jumlah investor dari dalam negeri terus bertambah. Mereka akan menanamkan investasinya di Nusantara. Beberapa di antaranya telah bekerja sama dengan investor asing.

“Makin banyak investor yang datang, investor lokal, investor nasional yang juga beberapa sudah berpartner dengan asing saya kira akan bagus sekali,” tandasnya. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: