Relevankah Debat Cawapres?

Relevankah Debat Cawapres?

Ilustrasi para cawapres. Mereka akan melakukan debat Jumat nanti.-Ilustrasi: Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

MENGAPA harus ada debat khusus calon wakil presiden (cawapres)? Padahal, dalam praktiknya, wakil presiden tidak punya wewenang mengambil keputusan. 

Peran wapres sebatas membantu tugas presiden. Konstitusi maupun UU tidak mengatur wewenang khusus RI-2. Semua otoritas ada di tangan presiden. wapres baru mendapat peran bila diberi tugas khusus oleh presiden. 

Karena itu, sehebat apa pun ide atau gagasan RI-2 menjadi pepesan kosong bila tidak disetujui RI-1. Ide-ide cawapres yang muncul di dalam debat harus mendapat oke dari capresnya bila mereka terpilih. 


Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) bertemu dengan bakal capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (11/9/2023). Raka Denny/Harian Disway-Raka Denny/Harian Disway -

BACA JUGA: Debat Ekonomi Cawapres, Akan Ada Kejutan dari Gibran

Begitu powerful presiden, bila tak melibatkan wapres dalam membentuk kabinet pun, kabinetnya tetap sah. Begitu juga dalam menggonta-ganti menteri, tidak ada aturan konstitusi yang mewajibkan konsultasi dengan wapres. Yang namanya hak prerogatif itu hanya milik presiden. Kalaupun ada diskusi, lebih karena etika dan kebersamaan.

Kadang-kadang menteri lebih menonjol daripada wapres. Meski, kedudukan wapres lebih tinggi. Lihat saja menteri kepercayaan Jokowi seperti Luhut Pandjaitan. Perannya lebih terlihat  daripada wapres. Selama ini Wapres Ma’ruf Amin diberi tugas khusus mengawal kesejahteraan masyarakat Papua. Selebihnya hanya terlihat di acara seremonial. 


PRABOWO gemoy dan riang gembira, strategi politik paslon nomor 2 dinilai sukses memikat rakyat. Foto: Prabowo dan Gibran memberikan salam finger heart yang populer di kalangan Gen Z.-Instagram Prabowo Subianto-

BACA JUGA: Paslon 1 dan Paslon 2 Gelar Nobar Capres Cawapres

Mungkin wapres yang menonjol baru Jusuf Kalla (JK). Penuh inisiatif. Menjadi inisiator, misalnya, perdamaian Aceh. Bahkan, ada beberapa menteri yang lebih dekat kepada dirinya. Faktor utama yang membuat JK bergerak lincah ialah punya kekuatan politik di parlemen. Ia didukung Golkar. Di era SBY-JK, kekuatan Golkar lebih besar daripada Partai Demokrat di DPR.

Wapres yang tidak punya poros politik seperti Boediono atau Ma’ruf Amin  lebih banyak tampil di acara seremonial.

Di antara tiga cawapres sekarang, yang berpotensi bergerak ala JK adalah Muhaimin Iskandar. Ya, karena mempunyai parpol (PKB) di parlemen. Punya daya tawar kuat. 


Pasangan capres-cawapres, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD bersama Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri serta keluarga besar akan melakukan ziarah ke makam Proklamator RI, Ir. Soekarno, di Blitar, Jawa Timur. -Raka Denny/Harian Disway -

BACA JUGA: Bela Gibran dari Tudingan Takut Debat, Teddy Gusnaidi Yakin 2 Cawapres Lain Tak Punya Pengalaman Debat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: