Gibran Tunjuk Juara ASEAN Paragames Ana Widyasari jadi Pembina Upacara Hari Bela Negara dan Hari Ibu

Gibran Tunjuk Juara ASEAN Paragames Ana Widyasari jadi Pembina Upacara Hari Bela Negara dan Hari Ibu

Gibran memberikan penghargaan pada Atlet Tenis Meja ASEAN Paragames Ana Widyasari sebagai perwakilan perempuan berprestasi Kota Solo-TKN Prabowo Gibran-

SOLO, HARIAN DISWAY - Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka menekankan soal keterlibatan perempuan pada lintas sektor di Solo. H

al ini disampaikannya saat memperingati Hari Bela Negara ke-75 dan Hari Ibu ke-95 Pemerintah Kota Surakarta di halaman Balaikota Surakarta pada Selasa 19 Desember 2023.

Peringatan Hari Bela Negara ke-75 di Kota Solo mengambil tema “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju”. Sementara peringatan Hari Ibu 2023  mengambil tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”.

"Ini kan Hari Ibu, ingin mengungsung perempuan-perempuan hebat untuk Solo, dengan keterlibatan perempuan di Solo kan luar biasa sekali di Solo, dalam mengatasi masalah stunting, masalah UMKM,” kata Gibran.

BACA JUGA:TKN Prabowo-Gibran: Negara Harus Selalu Siap Operasi Pasar saat Dibutuhkan

Dalam upacara peringatan ini pembina dan pemimpin upacara dilakukan oleh perempuan. Adapun acara dibuka dengan menampilkan tarian gabungan dari beberapa daerah seperti tari payung, tari kipas, dan tari saman.

Gibran menunjuk Ana Widyasari, peraih medali emas cabang olahraga Tenis Meja pada gelaran ASEAN Paragames 2022 lalu sebagai pembina upacara dengan mengenakan pakaian adat Lampung.

Gibran menyampaikan penunjukan Ana adalah untuk menunjukkan perempuan-perempuan hebat Solo. “Jadi hari ini harus (ditunjukkan,Red) mereka yang berprestasi dengan medali emas,” kata dia.

Ditunjuknya Ana pun memberi pesan bahwa Bela Negara tidak hanya ditunjukkan dalam bentuk angkat senjata untuk negara, namun berprestasi di bidang olahraga merupakan salah satu bentuk membela negara di kancah internasional.

BACA JUGA:Prabowo-Gibran Janji Tingkatkan Keterlibatan Perempuan di Sektor Ekonomi

Selain itu Ana menjadi perwujudan perempuan yang berprestasi dan mampu mengangkat nama Indonesia di kancah Internasional.

Ana dalam amanatnya menyampaikan bahwa kota Solo harus senantiasa menjaga dan menciptakan perempuan yang inovatif untuk memajukan kota.

Ana merupakan salah satu atlet tuna grahita dari Kota Solo yang berlaga di ASEAN Paragames 2022 bersama 13 atlet asal Solo lainnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: