Sandiaga Puji The Heritage by Novotel Samator

Sandiaga Puji The Heritage by Novotel Samator

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, menikmati suasana the Heritage Restaurant by Novotel Samator Surabaya pada Rabu, 27 Desember 2023.-Majalyn Nadiranisa R-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Warisan kuliner peranakan kini tersedia di The Heritage by Novotel Samator Surabaya. Restoran bertema tempo doeloe ini pun mendapat sanjungan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

“Di saat persiapan libur Nataru ini kita bersyukur bahwa ada fasilitas pariwisata dalam bentuk restoran dengan tema tempo dulu,” ujarnya dalam kunjungannya, Rabu, 27 Desember 2023.

Menurutnya, The Heritage by Novotel Samator ini merupakan penggabungan ciamik peranakan kuliner Nusantara. Sekaligus menunjukkan kebangkitan sektor ekonomi dan kreatif Indonesia. Ia berharap inovasi seperti ini bisa membangkitkan sektor wisata kuliner yang sempat terpuruk karena pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu.

Sebagaimana tingkat hunian hotel yang sudah pulih. Sektor kuliner pun menyumbangkan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) lebih dari Rp 200 triliun. Dan sektor ekonomi kreatif 43 persen dari total nilai tambah Rp 1.300 triliun. Memberikan kontribusi PDB  sekitar 8 persen.

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Rohani Kristen di Indonesia Rekomendasi Liburan Natal dan Tahun Baru

BACA JUGA:Sido Resik Munculkan Wisata Edukasi di Desa Sumorame, Sidoarjo

“Ini sangat kita apresiasi,” ungkap Sandiaga. Termasuk kunjungan wisatawan asing pada momen Nataru. Ditarget lebih dari 1 juta kunjungan teragregrasi. Dan 11 juta kunjungan sepanjang 2023.

Pergerakan ini harus dijaga. Sebab, katanya, kunjungan para wisatawan asing itulah yang menjadi penopang dari tingkat hunian hotel dan penciptaan lapangan kerja. Bahkan pergerakan ekonomi yang segera pulih pascapandemi.  

“Tahun lalu total kunjungan sekitar 5 juta, jadi ini lebih tinggi hampir dua kali lipat,” jelasnya. Negara kontributor utama adalah Australia. Disusul oleh India yang dominan berkunjung ke Bali. Tetapi, imbuhnya, secara keseluruhan kontributor utama tetap Malaysia, Singapura, Australia, India, dan Tiongkok. 


Kunjungan Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, di Heritage Restaurant Novotel Samator Surabaya pada Rabu, 27 Desember 2023.-Majalyn Nadiranisa R-

Baru kemudian disusul negara-negara Eropa seperti Inggris dan negara lain. Bergiliran terus. Yang jelas negara-negara inilah yang menjadi langganan 10 besar kontributor utama dari pariwisata kualitas dan berkelanjutan. 

Untuk momen Nataru, Sandiaga memprediksi puncak liburan terjadi pada 31 Desember 2023 dan 1 Januari 2024. Arus balik terjadi pada 2-3 Januari 2024.

“Di momen libur Nataru tetap destinasi di Pulau Jawa yang mendapatkan review paling banyak,” tuturnya. Terutama karena bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi dan moda transportasi darat. Seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Kemudian disusul Bali dan lima destinasi prioritas lainnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: