Ganjar Blusukan di Pasar Wonogiri, Dicurhati Sembako Naik

Ganjar Blusukan di Pasar Wonogiri, Dicurhati Sembako Naik

Ganjar Pranowo menyalami pedagang di Pasar Wonogiri.-TPN Ganjar-Mahfud MD-

HARIAN DISWAY - Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, melanjutkan lawatannya di Jawa Tengah dengan blusukan ke Pasar Wonogiri, Jumat, 29 Desember 2023. Di tengah kunjungannya, Ganjar menerima curhatan dari pedagang pasar terkait meningkatnya harga bahan pokok, terutama harga beras.

Ganjar menyampaikan bahwa kenaikan harga tersebut dipengaruhi oleh produksi padi di tingkat petani.

Ia menyoroti masalah kekeringan yang dialami petani selama berbulan-bulan, yang membuat irigasi di sawah sulit dan berdampak pada produksi pertanian.

"Harga beras ini sudah berbulan-bulan naik dan tidak turun-turun. Dulu harganya Rp11 ribu, sekarang sudah mencapai Rp14 ribu, dan ini tidak kunjung turun. Ini merupakan masalah serius bagi saya," ungkap Ganjar di lokasi.

Selain beras, Ganjar juga menyoroti kenaikan harga bahan pokok lainnya menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Beberapa barang yang mengalami kenaikan harga signifikan termasuk cabai, bawang putih, bawang merah, dan daging ayam.

"Tentu cabai, bawang putih, bawang merah, mungkin karena lagi musim, tapi kita harus segera mengendalikannya," ujar Ganjar.

BACA JUGA:Survei Terbaru Polling Institute: Elektabilitas Prabowo-Gibran Meningkat, Ganjar-Mahfud Menurun

BACA JUGA:Alasan Elektabilitas Ganjar-Mahfud Menurun di Survei CSIS

Ganjar membagikan pengalamannya saat menjabat Gubernur Jawa Tengah selama dua periode, di mana ia berhasil mengendalikan lonjakan harga dengan berkolaborasi dengan provinsi lain untuk menjamin pasokan dan mengendalikan inflasi.

"Pengalaman saya saat menjadi gubernur dulu, kita berkoordinasi dengan provinsi lain agar pasokan terjamin dan inflasi terkendali," jelas Ganjar.

Sebagai Capres, Ganjar menegaskan bahwa jika terpilih menjadi Presiden RI 2024-2029, ia akan lebih memperhatikan stabilisasi harga sebagai prioritas utama.

"Permintaan mereka adalah stabilisasi harga sebenarnya," kata Ganjar.

Salah satu pedagang sembako di Pasar Wonogiri, Ragil, memberikan dukungan terhadap upaya Ganjar dalam stabilisasi harga. Ragil yakin bahwa jika Ganjar terpilih, harga pangan dan kebutuhan pokok bisa lebih terjangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: