Survei Terbaru Polling Institute: Elektabilitas Prabowo-Gibran Meningkat, Ganjar-Mahfud Menurun

Survei Terbaru Polling Institute: Elektabilitas Prabowo-Gibran Meningkat, Ganjar-Mahfud Menurun

Penampakan desain surat suara yang dirilis oleh KPU RI-Istimewa -

HARIAN DISWAY - Lembaga survei Polling Institut baru saja merilis elektabilitas para calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) periode 15-19 Desember 2023, pada Kamis, 28 Desember 2023

Hasilnya, elektabilitas pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengalami peningkatan, sementara Ganjar Pranowo-Mahfud MD kian merosot, bahkan berhasil disalip oleh paslon Anies Baswedan-Muhaimin menjelang Pilpres 2024.

BACA JUGA:Alasan Elektabilitas Ganjar-Mahfud Menurun di Survei CSIS

Prabowo-Gibran menjadi satu-satunya paslon yang mengalami peningkatan dengan hasil 46,1 persen. Dibanding survei sebelumnya, angka ini meningkat 2,9 persen. 

Posisi kedua diduduki oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan tingkat keterpilihan 22,6 persen. Meski elektabilitas mereka turun 1,7 persen sebulan terakhir, Anies-Imin masih unggul dari Ganjar-Mahfud.

Sedangkan, Ganjar-Mahfud yang tadinya 24,1 persen menjadi 20,5 persen. Berarti, terjadi penurunan sebesar 3,6 persen.

"Pada simulasi ini tampak Prabowo-Gibran masih mengalami kenaikan elektabilitasnya menjadi 46,1 persen, sementara Ganjar-Mahfud mengalami penurunan menjadi 20.5 persen," kata Peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim, dikutip YouTube Polling Institute. 

BACA JUGA:Survei CSIS, Prabowo-Gibran 43,7 Persen, Tren Anies-Muhaimin Naik, Ganjar-Mahfud Turun

Kennedy memaparkan meningkatnya elektabilitas Prabowo-Gibran disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, yang paling menonjol adalah Prabowo-Gibran berhasil mendulang dukungan dari masyarakat luas. Tidak hanya di Jawa Tengah saja yang menjadi basis Gibran sebagai walikota Solo, tetapi wilayah lain di Indonesia. 

Tercatat pada simulasi demografi, Prabowo-Gibran unggul di pemilih usia 21 tahun ke bawah dengan hasil 67,3 persen. Bahkan, di simulasi Agama Islam, elektabilitas Prabowo-Gibran menduduki posisi teratas dengan hasil 46,3 persen.

"Saya melihat Prabowo-Gibran tampak unggul hampir di setiap kelompok demografi," ungkap Kennedy.

BACA JUGA:Hasil Survei Indikator Terbaru, Paslon Prabowo-Gibran Unggul 46,7 Persen Suara

Oleh karena itu, elektabilitas Prabowo-Gibran mengalami peningkatan yang signifikan. Tentu hal jika hal tersebut terus mempertahankan dan mengalami peningkatan signifikan, maka peluang kemenangan Prabowo-Gibran semakin nyata di Pilpres 2024.

"Iya, ada peluang jika hal tersebut terus dipertahankan oleh Prabowo-Gibran," pungkas Kennedy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: